Polda Riau Berkomitmen Permudah Pelayanan dan Melayani Masyarakat Tanpa Korupsi

Personel Polda Riau dalam pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. (Liputan6.com/M Syukur)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Polda Riau berkomitmen melayani masyarakat secara prima dan bebas dari korupsi. Caranya dengan Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Menurut Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, ada 17 satuan kerja terlibat untuk mencapai WBK dan WBBM ini. Sebanyak 15 di antaranya membangun WBK dan sisanya WBBM.

Adapun satuan kerja itu di antaranya Inspektorat Pengawasan Daerah, Biro Operasional, Biro Rena, Direktorat Polisi Air, Direktorat Intelijen Keamanan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Bidang Humas.

Berikutnya Direktorat Sabhara, Direktorat Pengamanan Objek Vital, Pembinaan Masyarakat, Profesi Pengamanan, Informasi Teknologi, Laboratorium Forensik, Rumah Sakit Bhayangkara, Polresta Pekanbaru dan Polres Bengkalis.

"Menuju WBK dan WBBM, merupakan arahan dan petunjuk dari Kapolri, sebagai satuan harus menyiapkan itu semua untuk mewujudkannya," ucap Agung, Kamis petang, 22 April 2021 dilansir liputan6

Agung menyebut ada beberapa persiapan mencapai prediket tersebut dan beberapa di antaranya sudah dijalankan. Mulai dari manajemen perubahan, sampai dengan pelaksanakan perubahan.

"Namun akan lebih terkonstruksi lagi melalui program pencanangan Zona Integritas ini," ucapnya.

Permudah Pelayanan

Agung menerangkan, pelayanan ke masyarakat yang berbasis teknologi, juga akan semakin dikedepankan. Di mana saat ini pihaknya sedang membangun pelayanan online terpadu.

"Ini juga akan diterapkan di jajaran Polres/Polresta hingga Polsek, serta pelayanan drive thru, supaya memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kepolisian," tuturnya.

Kapolda Riau menambahkan, sejauh ini, jajarannya tidak menemui kendala untuk melaksanakan program ini.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasinya atas pencanangan ini. Syamsuar yakin Polda Riau mampu meraih predikat WBK dan WBBM.

"Semoga Polda Riau semakin maju dan pelayanan kepada masyarakat juga semakin prima," sebut Syamsuar.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pula pembacaan deklarasi Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh 17 Satker jajaran Polda Riau yang dipimpin Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto. Ada pula penandatanganan Pakta Integritas.