Pemprov dan OJK Targetkan Seluruh Siswa di Riau Punya Tabungan

Riaubisa.com, Pekanbaru - Dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan serta dalam mendidik kaum pelajar untuk membudayakan menabung sejak dini, pemerintah telah mengeluarkan Keppres. Keppres ini tentang Hari Indonesia Menabung dimana program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) menjadi inisiatif strategis yang dilakukan untuk percepatan pencapaian target inklusi keuangan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo yaitu sebesar 90% pada tahun 2024.

Sehubungan hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung penuh pelaksanaan program KEJAR di Provinsi Riau dengan berperan aktif dalam upaya peningkatan inklusi keuangan untuk para pelajar.

Bahkan, Pemprov Riau dan OJK telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi program KEJAR Provinsi Riau pada tanggal 2 Juni 2022 lalu.

"Kami menargetkan seluruh pelajar SD, SMP dan SMA di Provinsi memiliki Simpanan Pelajar," ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, HM Job Kurniawan, Senin (6/6/2022).

Dalam hal ini, Kepala OJK Provinsi Riau, Muhamad Lutfi menyampaikan bahwa terdapat empat strategi percepatan program KEJAR di Provinsi Riau yaitu pertama, Regulasi atau kebijakan Pemerintah Daerah dalam mendorong Program KEJAR dengan menerbitkan Surat Edaran atau kebijakan lainnya berkaitan program KEJAR kepada stakeholders terkait.

Kedua, penguatan infrastruktur dengan pengembangan skim digitalisasi tabungan anak dan sistem aplikasi pelaporan program KEJAR.

Ketiga, optimalisasi Program KEJAR dengan implementasi Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) untuk produk Simpanan Pelajar, pelaksanaan Bank Goes To School dan pemberian Award bagi penyelenggara Program KEJAR.

Keempat, publikasi dan campaign yang dilakukan oleh OJK, pemerintah daerah, dan perbankan dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada jajaran sekolah dan pelajar. 

"Program KEJAR di Riau merupakan salah satu program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Riau pada tahun 2022. Sampai dengan bulan Maret 2022 pencapaian program KEJAR untuk pelajar SMA di Riau baru mencapai 43,17%," jelas Muhamad Lutfi.

Ia menambahkan bahwa OJK optimis melalui dukungan Pemerintah Daerah dan peran aktif Perbankan implementasi Program KEJAR Riau dapat memenuhi target pada tahun 2022. "Kami optimis cita-cita mulia ini dapat terwujud," jelasnya. (*)

Tags :OJKKEJAR