Gratis, Riau Sediakan 12 Alat Berat untuk Warga Membuka Lahan Tanpa Membakar

Petugas Manggala Agni Kota Dumai memadamkan titik api karhutla untuk mencegah kabut asap, di Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Minggu (21/2/2021) / Foto : kompas (Dok. Manggala Agni Dumai)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyediakan 12 unit alat berat jenis eskavator yang bisa digunakan oleh warga secara gratis untuk membuka lahan perkebunan. 

Alat berat yang disiapkan itu merupakan langkah Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution dalam mengatasi pembukaan lahan dengan cara membakar. 

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (24/2/2021) yang dilansir dari kompas

"Pinjam pakai alat berat diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Karena, ini merupakan program dari Gubernur Riau untuk masyarakat Riau," ucap Edwar.

Dia menjelaskan, untuk pinjam pakai eskavator, warga tinggal berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan dan BPBD kabupten dan kota setempat. 

Setelah itu, direkomendasikan ke Dinas PUPR Riau selaku penyedia peralatan. Program penyediaan alat berat secara gratis, sebut Edwar, juga merupakan langkah strategis Pemprov Riau dalam persiapan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pasca-penetapan status siaga darurat karhutla. 

"Dengan adanya program ini, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan pembakaran dalam pembukaan lahan," pungkas Edwar.