Kemenparekraf Puji Sport Tourism Riau Bhayangkara Run 2024

Kemenparekraf menggelar talk show membahas perihal potensi sport tourism di Indonesia, salah satunya Riau Bhayangkara Run 2024.

Riaubisa.com, Pekanbaru - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menggelar talk show membahas perihal potensi sport tourism di Indonesia, salah satunya Riau Bhayangkara Run 2024.

Talk show itu digelar para Senin 8 Juli 2024, dipandu langsung Menparekraf Sandiaga Uno. Hadir sebagai narasumber Ketua Pelaksana RB Run 2024, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat.

Kemudian, ikut hadir pula dari Event Organizer Riau Bhayangkara Run 2024, Rissandro Dian Pratama serta Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemeparekraf Vinsensius Jemadu. Talk show yang berjudul "The Weekly Brief with Sandy Uno" itu, berlangsung di Kantor Kemenparekraf RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebut bahwa sport tourism menjadi salah satu agenda penggerak ekonomi. 

"Sekarang kita bincang untuk tanah kelahiran saya di Riau. Kita tau bahwa sport tourism sudah menjadi sebuah agenda yang cukup sering diadakan dan memiliki dampak multiplier effect yang sangat luar biasa," ujar Sandi.

Ia kemudian bertanya langsung kepada Kombes Pol Taufiq, perihal apa yang menjadi inspirasi diselenggarakannya event Riau Bhayangkara Run 2024. Lalu, ia juga menanyakan langsung terkait animo dan jumlah peserta yang sudah mendaftar hingga saat ini.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kombes Taufiq menjelaskan Riau Bhayangkara Run merupakan inisiasi dan ide langsung dari Kapolda Riau Bapak Irjen Pol Mohammad Iqbal. Bahkan sebelumnya juga telah sukses menggelar Riau Bhayangkara Run tahun 2023 lalu.

"Pada saat mencetuskan ide pertama kali, Bapak Kapolda ingin ada sebuah event yang melibatkan masyarakat dalam skala besar, namun tetap fun dalam pelaksanaannya. Sehingga memiliki dampak positif terhadap masyarakat dan juga daerah," sebut Taufiq.

Ia kemudian menjabatkan dampak dari event. Diantaranya peningkatan ekonomi masyarakat, dampak terhadap pariwisata karena kunjungan ribuan peserta dari luar Riau, ajang pengenalan daerah, dan peningkatan ekonomi UMKM. 

"Namun, kemasan event dibuat se baik-baiknya. Bahkan, menyerupai event lari bertaraf internasional. Ini tujuannya bukan hanya sekedar gengsi, tapi betul-betul menjadi sebuah persembahan Polda Riau untuk masyarakat, Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78," terangnya.

Event Organizer Riau Bhayangkara Run 2024 Rissandro Dian Pratama menambahkan, total peserta RB Run tahun ini mencapai 10 ribu peserta. Bahkan, ketika pendaftaran di tutup, masih banyak masyarakat yang menanyakan untuk mendaftar.

Untuk pelibatan UMKM, sambung dia, Kapolda Riau Irjen Iqbal selalu mengajak UMKM dalam setiap event. Termasuk pada event RB Run tahun ini.

Ada sekitar 30 UMKM lebih yang ikut serta, Baik itu mikro, kecil dan menengah. Dengan menyajikan makanan dan minuman daerah serta kerajinan.

"Sehingga multi plier effectnya benar-benar dirasakan masyarakat," sambungnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemeparekraf Vinsensius Jemadu mengapresiasi Polri yang sudah menggelar banyak event. Apalagi, baru-baru ini, Polri bersama Kemenparekraf baru saja meluncurkan layanan perisinan event secara digital. 

"Terkait event ini, kami sangat mengapresiasi. Kalau seluruh Polda se-Indonesia membuat event ini, ada 34 Polda dengan peserta 10 ribu orang, maka ada 300 ribu orang yang sehat dan dampaknya dapat memberikan manfaat untuk yang sungguh sangat luar biasa," imbuhnya. (*)