Kota Pekanbaru Masuk Daftar Destinasi Slow Travel Terbaik di Asia Tahun 2024 Versi Agoda

Riaubisa.com, Jakarta - Setelah pandemi COVID-19, slow travel muncul sebagai tren wisata. Kehadirannya membuat pelancong bisa mengucapkan selamat tinggal pada hari-hari perjalanan cepat, dengan berlari melintasi kota untuk menjangkau sebanyak mungkin destinasi wisata dalam satu hari.

Merujuk pada itu, agen perjalanan daring, Agoda, merilis daftar destinasi slow travel terbaik di Asia, seiring meningkatnya minat melancong ke wilayah ini. Di antaranya, ada Pekanbaru, Riau sebagai rekomendasi tujuan perjalanan cenderung santai.

Melansir Travel + Leisure, Rabu, 15 Mei 2024, kota itu dideskripsikan melalui "budaya, sejarah, dan alam Melayu yang berpadu indah dengan semaraknya kota Pekanbaru." 

"Anda bisa bersantai di Telaga Kayangan, Kampung Bandar, dan Pura Budha Muara Takus," sebut outlet itu.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa slow travel membuat wisatawan mencari pengalaman mendalam, koneksi budaya, dan melarikan diri dari destinasi wisata yang ramai. 

"Tren ini mengakui ide liburan yang diremehkan dan menjadikannya arus utama dengan menyoroti perjalanan yang lambat," sebut mereka.

Agoda menyambung, "Asia sedang diciptakan kembali melalui slow travel, dengan wisatawan internasional yang berfokus pada tempat-tempat yang jarang dijelajahi dibandingkan destinasi wisata konvensional."

Sementara itu, Khao Lak di Thailand memimpin daftar tersebut. Destinasi ini disebut sebagai desa kecil di Provinsi Phang Nga yang jadi surga bagi para peselancar, menjanjikan pantai berpasir putih, air jernih, dan lebih sedikit pengunjung.

Wakil lain di Asia Tenggara adalah Kepulauan Perhentian, Malaysia. "Di lepas Pantai Terengganu, terdapat surga tropis yang tenang, ideal untuk snorkeling dan scuba diving melintasi terumbu karang di sekitar Perhentian Kecil dan Perhentian Besar," kata mereka.

Pulau Siargao, Filipina pun menambah panjang rekomendasi destinasi slow travel. Wilayah yang disebut "ibu kota selancar di Filipina" ini juga merupakan rumah dari ragam "keajaiban," seperti Sohoton Cove dan Hagukan Cave.

Juga, terdapat Ho Chi Minh City, Vietnam di dalam daftar. "Pelan-pelan dan rasakan ritme Ho Chi Minh City, di mana budaya dan masakan lokal adalah salah dua daya tarik utamanya," sebut Agoda. Secara lengkap, berikut daftar destinasi slow travel terbaik di Asia, menurut agen perjalanan online tersebut:

Khao Lak, Thailand
Seoul, Korea Selatan
Kepulauan Perhentian, Malaysia
Tokyo, Jepang
Pulau Siargao, Filipina
Pekanbaru, Indonesia
Ho Chi Minh City, Vietnam
Ahmedabad, India. (*)