5 Penyebab Kucing Menggigit Pemiliknya

(Gambar: outsideonline)

Riaubisa.com - Seekor kucing, terlebih anak kucing bisa menggigit siapa pun yang ada di dekatnya. Ketika memelihara kucing di rumah, terkadang kucing peliharaan suka menggigit. 

Namun, perlu diketahui, tidak semua gigitan kucing memiliki arti yang sama, tergantung dari kondisi si kucing itu sendiri.

Dikutip dari kanal YouTube X SCIENCE, berikut lima penyebab kucing suka menggigit pemiliknya. 

Ingin bermain

Ketika sedang ingin bermain, kucing akan menjadi sangat aktif. Karena itu, kucing sering mengungkapkan ekspresinya ke kamu hanya untuk mengajak bermain bersama.

Dengan mengajak bermain, secara otomatis, kamu akan memberikan perhatian kepadanya. Karena kucing tidak bisa menyampaikan ajakan untuk bermain, sahabat bulu mengungkapkannya dengan cara menggigit. 

Tidak hanya menggigit, kucing yang mengajak pemiliknya bermain juga bisa berguling-guling, menggosokkan kepalanya ke kakimu, dan menjilat bagian tubuhmu. 

Baru tumbuh gigi

Sama dengan anak anjing, anak kucing juga mengalami masa tumbuh gigi yang terjadi pada usia muda. Gigi kucing akan mulai muncul pada usia 10 minggu dan mengalami masa pertumbuhan hingga usia enam bulan.

Saat pertumbuhan gigi anak kucing tengah berlangsung, mereka ingin menguji giginya pada segala hal apa pun yang bisa digigit, termasuk anggota tubuh pemiliknya.

Jika anak kucing tidak memiliki induk atau saudara kandung yang menemaninya, dia akan lebih liar dalam menggigit objek yang bisa digigit. 

Kondisi kesehatannya menurun

Saat merasakan adanya gangguan kesehatan, beberapa kucing akan berisik dan kesakitan. Perilaku ini biasanya sering terjadi pada kucing yang sudah tua.

Saat sedang sakit, hewan, termasuk kucing, cenderung bersikap defensif atau mempertahankan dirinya dari gangguan apa pun.

Ketika ingin mendekati atau menyentuhnya, kamu mungkin akan memperhatikan jika kucing selalu mencoba untuk menggigit. Hal ini karena ada bagian dari tubuhnya yang mungkin mengalami gangguan kesehatan.

Umtu memastikan kesehatan kucing, segera bawa sahabat bulu ke dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya. 

Merasa takut

Beberapa kucing mempunyai sifat yang sedikit jutek atau pemarah saat sedang tidak ingin diganggu. Terkadang, kucing yang mempunyai sifat seperti ini akan memberitahumu kapan waktunya berhenti untuk berinteraksi dengannya.

 

Beberapa kucing mungkin menyukai perhatian yang berlebihan, tapi ingat bahwa tidak semua kucing dapat disentuh setiap saat.

Ketika kucing sedang merasa takut dan tiba-tiba kamu menyentuhnya, dia bisa saja menggigitmu sebagai bentuk pertahanan dirinya. 

Sedang bahagia

Beberapa kucing akan menggigit sesuatu karena mereka ingin mengungkapkan perasaannya. Kucing mungkin melihatmu sebagai miliknya sebagai teman atau sahabat yang senantiasa mengajaknya bermain setiap saat.

Terkadang anak kucing sedikit menggigit sambil menjilat bagian tubuh pemiliknya yang berada di dekatnya.

Nah, gigitan dan jilatan ini biasanya mengungkapkan rasa bahagia dan kasih sayang kucing kepada pemiliknya. (*)