Jalan Peranap Rusak Parah Akibat Truk ODOL, Warga Tanam Batang Pisang di Jalan

Tangkapan layar jalan rusak di Peranap, Inhu, Riau. (Humas Pemprov Riau)

Riaubisa.com, Inhu - Masyarakat Indragiri Hulu (Inhu) mengeluhkan truk Over Dimensi Over Load (ODOL) yang menyebabkan jalan lintas Rengat-Kuansing tepatnya di Kecamatan Peranap mengalami kerusakan parah.

Atas kondisi itu, masyarakat melakukan aksi damai dengan menanam batang pisang di badan jalan, Selasa (31/5/2022). Pasalnya akibat truk ODOL jalan di wilayah tersebut selalu becek ketika hujan, dan berdebu saat panas. 

Terkait keluhan warga tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Andi Yanto mengatakan, jika razia truk ODOL di wilayah Riau masih terus dilakukan tahun 2022.

"Razia truk ODOL masih terus dilakukan. Tahun ini juga tim gabungan sudah pernah melakukan razia di wilayah sana," kata Andi Yanto, Selasa (31/5/2022).

Andi Yanto mengakui, memang saat razia banyak kendaraan ODOL tiba-tiba mengilang, namun tetap juga ada yang tertangkap dan dilakukan tindakan tilang. 

Karena itu, lanjut Andi Yanto, dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali melakukan razia gabungan truk ODOL di wilayah Peranap, Inhu. Saat razia gabungan melibatkan TNI/Polri. 

"Sebab razia ini sesuai undang-undang kita harus didampingi pihak TNI/Polri. Nanti dalam waktu dekat kita akan kembali melakukan razia truk ODOL di Inhu," tukasnya. 

Untuk diketahui, pada tahun 2022 ini sedikit 356 unit kendaraan ODOL terlah dilakukan tindakan tilang saat razia gabungan Dishub Provinsi Riau. (*)