Masyarakat Kurang Mampu di Pekanbaru dan Kampar Kebagian Set Top Box Gratis

Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT, unit Set Top Box gratis kepada warga Masyarakat Tidak Mampu (STM) secara simbolis di Kantor Lurah Tangkerang Labuai Pekanbaru, Senin (28/3/2022) | Foto : Tika/Riaubisa

Riaubisa.com, Pekanbaru - Sebanyak 5.007 unit Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat rumah tangga kurang mampu. Pembagian tahap pertama ini di distribusikan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senin (28/3/2022).

Penyerahan STB Tv gratis ini, berlangsung di Kantor Lurah Tengkerang Labuai, Kota Pekanbaru.

Hadir dalam penyerahan tersebut Gubernur Riau Syamsuar, Walikota Pekanbaru H Firdaus serta Staf Khusus Menteri Kominfo Phillip Gobang dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau Falzan Surahman.

Direktur PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) Neil R Tobing, kepada riaubisa.com, mengatakan, pembagian unit STB ini diikuti dengan sosialisasi migrasi Tv Digital yang dilakukan oleh Tv one sebagai penyelenggara multipleksing (MUX) di wilayah layanan siaran Riau-1.

"Ini merupakan bukti komitmen VIVA group melalui tvOne untuk menyukseskan program analog switch off (ASO)," kata Neil.

Dia menjelaskan, pembagian ini dilakukan karena adanya regulasi migrasi dari siaran Tv analog ke siaran Tv digital.

"Ini (dibagikan,red) agar warga Pekanbaru dan Kampar bisa menikmati siaran Tv digital," ujarnya.

Program ASO ini sendiri diamanatkan di dalam undang-undang cipta kerja nomor 11 tahun 2022 dan telah berjalan selama dua tahun. "Tahap 1 ini ASO akan berjalan hingga 30 April 2022," terangnya.

Saat pembukaan dan penyerahan, Gubri Syamsuar menyampaikan ucapan selamat kepada penerima STB Tv yang sebagian berasal dari Pekanbaru dan Kampar.

"Pendistribusian STB ini diharapkan bisa membantu rakyat Indonesia yang sekarang ini membutuhkan informasi," ucap Syamsuar.

Sebagai informasi, Kota Pekanbaru merupakan salah satu daerah yang migrasi sistem siaran dalam analog switch off (ASO). Untuk tahap pertama, Provinsi Riau menerima sebanyak 33.721 Set Top Box (STB). 

Dengan rincian, Kabupaten Bengkalis 12.163 unit, Kabupaten Kepulauan Meranti 12.666 unit, Kota Dumai 7.402 unit.

Sedangkan bantuan dari pemenang MUX Trans TV meliputi Kabupaten Kampar 3.735 unit, dan TV One meliputi Kota Pekanbaru 5.175 unit.

Untuk diketahui, infrastruktur multipleksing dan siaran digital sudah ada di 56 wilayah layanan siaran yang mencakup 166 kabupaten dan kota sebagai lokasi implementasi tahap pertama.

Dan Pemerintah telah menyediakan bantuan STB bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) di Indonesia.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, pemerintah membantu penyediaan STB bagi RTM agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO.

Dalam ketentuan tersebut, penyediaan set top box bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing.

Jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit, dengan rincian sesuai pembagian sumber penyediaan terdiri dari, 893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar).

Selanjutnya, 842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV), 454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7), 519.930 unit dari grup Media (Metro TV), 368.990 unit dari grup RTV, dan 87.277 unit dari Pemerintah. (Tik)