Hilangkan Jerawat di Punggung dengan 7 Cara ini

Foto : ist / klikdokter

Riaubisa.com - Bance atau jerawat punggung bisa dialami siapa saja. Sama seperti jerawat di wajah, bacne muncul akibat kelebihan sebum dan terbentuknya sel kulit mati.

Ada beberapa penyebab timbulnya jerawat punggung, di antaranya keringat, efek samping obat, stres, faktor genetik, dan hormon. Tetapi ada juga penyebab lain, misalnya konsumsi karbohidrat tertentu dan produk susu. Demikian dijelaskan America Academy of Dermatology.

Namun tenang saja, ada tujuh cara menghilangkan jerawat punggung. Simak penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline dikutip dari okezone

1. Pakai pakaian longgar

Pakaian yang ketat bisa menjebak kotoran dan keringat. Jadi lebih baik memakai pakaian longgar yang memungkinkan kulit bernapas dan mengeringkan keringat.

2. Segera mandi setelah olahraga

Keringat bisa menjadi penyebab umum timbulnya jerawat. Maka itu, penting sekali segera mandi setelah olahraga atau kegiatan lainnya yang menimbulkan keringat.

3. Jauhkan rambut dari punggung

Khusus untuk orang yang memiliki rambut panjang, usahakan jauhkan dari punggung dengan mengikat atau menggulungnya. Ini karena rambut akan menambahkan minyak dan kotoran ke punggung. Keramas rambut secara teratur dan hindari air bilasannya mengenai punggung, sebab bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

4. Pakai tabir surya yang tepat

Tabir surya peting digunakan setiap hari untuk menghindari sengatan sinar matahari. Namun, perhatikanlah produknya. Jika terlalu banyak mengandung minyak akan menyebabkan timbulnya jerawat. Pakai yang formulanya bebas minyak dan ringan di kulit.

5. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang tinggi akan indeks glikemik seperti roti, pasta, nasi, dan kentang akan memperburuk jerawat punggung. Disarankan menyeimbangkannya dengan serat seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

6. Cobalah tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah digunakan orang Australia selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai masalah kulit. Ini terbukti membantu mengobati jerawat dan membunuh bakteri.

7. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan jerawat punggung menggunakan scrub halus dengan bahan seperti asam salisat. Ini efektif untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih pada kulit, dan mengurangi sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.