Kapolda Riau Sambangi Kantor PW Muhammadiyah, Ini Agendanya

Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, menyambangi Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Riau, Rabu (5/1/2022) | Foto : Rahma Yudi

Riaubisa.com, Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH mendapat sambutan hangat, saat mengunjungi Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Riau, Rabu (5/1/2022).

Kapolda yang datang bersama Pejabat Utama (PJU) disambut langsung Ketua PW Muhammadiyah Riau Abdul Wahid, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Riau Abu Nawas, Sekretaris Umum PW Muhammadiyah Riau Yusman Yusuf, Penasehat Hj Azlaini Agus serta Rektor UMRI Syaidul Amin. 

Kunjungan ke PW Muhammadiyah Riau ini merupakan organisasi Islam pertama yang dikunjungi Kapolda Riau.

“Kita kedatangan tamu istimewa. Karena kunjungan Kapolda Riau ini terasa sangat spesial, karena Muhammadiyah merupakan organisasi yang dipimpinnya merupakan organisasi pertama yang dikunjungi,” kata Abdul Wahid.

Jabatan Kapolda yang diduduki Irjen Muhammad Iqbal ini, menurut Abdul Wahid, diibaratkan seseorang yang pulang kampung. 

Selain itu, tutur Abdul Wahid, orang tua Irjen Iqbal merupakan bagian dari kepengurusan Muhammadiyah. 

“Kunjungan ini menggembirakan karena Kapolda Irjen Iqbal ini merupakan keluarga besar Muhammadiyah, yang mana orang tuanya merupakan pengurus Muhammadiyah. Ibaratnya pulang ke kandang warga Muhammadiyah,” ujar Abdul Wahid. 

Kedepannya, Abdul Wahid berharap,  silaturahmi antara Muhammdiyah dengan Polda Riau akan semakin terjalin dengan baik. 

“Kami menegaskan akan mengerahkan segenap tenaga untuk menciptakan suasana kondusif di Bumi Lancang Kuning. Mudahan-mudahan terjalin silaturahmi yang baik dalam membangun umat dan masyarakat,” tambah Abdul Wahid.

Mendapat sambutan hangat, Irjen M Iqbal merasa yakin tugasnya akan semakin mudah, apalagi mendapat dukungan dari masyarakat Riau, khususnya Muhammadiyah Riau. 

“Saya tidak menyangka akan disambut sehangat ini. Polisi memang harus banyak bersilaturrahmi dengan masyarakat terutama organisasi islam besar seperti Muhammadiyah,” ucap Irjen M Iqbal. 

Dalam bertugas, Kapolda mengatakan, bahwa senjata polisi yang paling ampuh bukanlah KUHP dan juga bukan pistol. Karena menurutnya, sejata yang digunakannya adalah silaturrahmi yang baik. 

“Kita jaga keamanan dan ketertiban, kita sama-sama sebagai sosok pelindung dan pengayom. Mohon doa dan dukungan, sekaligus terima dan menjadi tim besar sesuai tugas masing-masing,” kata Kapolda. 

Diakhir obrolannya dengan pengurus, Kapolda Riau berharap organisasi Muhammadiyah Riau, dapat menerimanya menjadi bagian dari keluarga besar. (Yud)