Buka Kejuaraan Kota Catur, Kadispora Hazli Harapkan Kejurkot Catur Junior Hasilkan Atlet Catur Pekanbaru Berprestasi

Riaubisa.com, Pekanbaru - Sebanyak 100 pecatur junior mengikuti Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru 2024. Kejuaraan catur terbuka ini adalah salah satu seleksi untuk mendapatkan pecatur junior berbakat asal kota Pekanbaru.

Hal ini dijelaskan Kadispora Pekanbaru Hazli Fendriyanto saat membuka secara resmi Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru 2024, Sabtu (6/7/2024).

"Hari ini kita mengikuti pembukaan Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru 2024. Kejuaraan ini adalah cara kita mendapatkan pecatur junior berbakat Pekanbaru," ujar Hazli Fendriyanto usai membuka secara resmi kegiatan turnamen catur junior tersebut.

Hazli juga menambahkan, peserta yang menjadi juara di kejuaraan ini menjadi potensi bagi kontingen kota Pekanbaru menghadapi Porprov XI mendatang.

"Ini sebagai persiapan kita dan ada potensi kita di kejuaraan ini. Ada 18 medali emas yang siap dimenangkan peserta di turnamen catur junior. Sesuai yang disampaikan Ketua KONI Pekanbaru tadi, ini peluang kita untuk mendapatkan pecatur berprestasi dan sebagai persiapan kita menghadapi Porprov XI Riau. Kita berharap di Porprov XI Riau nanti, pecatur Pekanbaru bisa bawa medali emas untuk kota Pekanbaru," lanjut Hazli Fendriyanto menjelaskan, Sabtu siang.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pekanbaru Muhammad Yasir SH yang ikut menghadiri kejuaraan terbuka catur junior itu. Ia berharap pecatur junior yang menjadi juara di turnamen ini menjadi aset pecatur berprestasi kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, kita bisa mengikuti acara pembukaan Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru 2024. Saya berharap pecatur-pecatur junior kota Pekanbaru bisa meraih medali emas yang disiapkan panitia. Kita juga akan mempertimbangkan mereka untuk membela Pekanbaru di iven olahraga provinsi Riau, Porprov XI nantinya," ujar Yasir menjelaskan.

Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru 2024 ini mempertandingkan nomor catur kilat, catur standing dan catur cepat.

"Kejuaraan Terbuka Catur Junior ini mempertandingkan nomor catur kilat, catur cepat dan catur standard. Peserta kejuaraan ini berasal dari kota Pekanbaru, Kampar, Taluk Kuantan, Duri dan Pelalawan. Saya berharap kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini berjalan lancar hingga selesai," tutup Zaini, Ketua Panita Pelaksana Kejuaraan Terbuka Catur Junior Piala Walikota Pekanbaru tersebut. (*)