Bupati Kuansing Buka Pacu Jalur Kecamatan Inuman

Riaubisa.com, Inuman - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby, MM secara resmi membuka Event Pacu Jalur di Topian Tigo Muaro Kecamatan Inuman, Sabtu (6/7) Siang, di Halaman Kantor Camat Inuman.

Festival Kebudayaan meriahkan pembukaan event Pacu Jalur Kecamatan Inuman yang akan berlangsung dari tanggal 6-8 Juli 2024 di Topian 3 Muaro.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam arahannya berharap agar pelestarian budaya Pacu Jalur di Kuansing terus meningkat, baik itu partisipasi jalurnya dan kunjungan masyarakatnya.

"Pacu Jalur di Kecamatan Inuman ini dahulunya hanya 20 jalur yang berpartisipasi. Namun pada tahun ini sudah meningkat dua kali lipat, yakni sebanyak 56 jalur. Hal ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur semakin meningkat," ungkap Bupati Kuansing.

Lebih lanjut Bupati Kuansing juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang untuk melestarikan budaya yang sangat fenomenal di Kuansing yakni Pacu Jalur, dengan harapan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung dan melihatnya secara langsung.

"Di samping melestarikan budaya, kita berharap meningkatnya animo masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur. Semakin ramai orang yang berkunjung maka akan berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Pemkab Kuansing juga menerima 2 unit mobil ambulance dari Bank Rakyat Indonesia, serta ada juga penyerahan bantuan pengadaan lapangan bola kaki untuk Pemuda Pasar Inuman.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau Sardiyono, A. Md, Pj Sekda Kuansing dr. H. Fahdiansyah, SpOG, Kapolres beserta Wakapolres Kuansing, Ketua TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, serta Masyarakat Kecamatan Inuman. (*)