Advertorial DPRD Riau

Jabatan KPID Segera Berakhir, Komisi I DPRD Riau Segera Buat Pansel

Anggota komisi IV DPRD Riau Mardianto Manan

Riaubisa.com, Pekanbaru - Komisi I DPRD Riau memanggil Diskominfo dan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID). Mereka dipanggil untuk membahas persiapan rekrutmen calon KPID yang baru. Diketahui KPID periode 2019-2024 akan berakhir pada Desember.

"Benar kita memanggil Diskominfo dan KPID membahas terkait persiapan masa jabatan komisaris KPID yang akan segera berakhir,"kata anggota komisi IV DPRD Riau Mardianto Manan, Senin (20/5/2024).

Dikatakan Mardianto masa jabatan, KPID akan berakhir bulan Desember 2024. Menjelang berakhirnya masa jabatan itu, DPRD Riau memanggil Diskominfo dan KPID untuk mempersiapkan rekrutmen anggota KPID yang baru.

"Supaya awal Januari sudah ada komisioner KPID yang baru, jadi tengang waktu berakhir itu kita mempersiapkan waktu untuk melakukan pengumuman  seleksi calon KPID yang baru hingga pembentukan panitia seleksi (pansel)," ujarnya.

Mardianto dalam rapat itu juga meminta komisioner KPID yang akan berkahir ini untuk segera membuat laporan keuangan pertanggungjawaban (LKPJ) dari awal menjabat sampai terkahir untuk dilaporkan ke komisi I DPRD Riau.

"Ini kita minta untuk melihat apa yang sudah diperbuat, dan dilakukan selama menjabat. Dari laporan itu akan kita evaluasi," jelasnya.

Dikatakan Mardianto berdasarkan laporan Diskominfo untuk anggaran hibah KPID  tahun 2024 ini sebesar 2,3 miliar. Yang dibagi dua gelombang.

Tapi karena masa tugasnya mereka katanya berakhir Juni kita minta laporan akhir Juni mereka serahkan ke DPRD Riau. Dan setelah akhir Juni mereka juga akan membuat surat ke DPRD bahwa jabat sudah berakhir dan meminta untuk melakukan seleksi KPID," pungkasnya. (Adv/fin)