Disdik Pekanbaru Kerjasama dengan Tiga Sekolah Swasta Dalam PPDB 2024

Riaubisa.com, Pekanbaru - Kuota pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 tingkat SMP Negeri di Kota Pekanbaru memang terbatas. Ada di antara pendaftar nantinya tidak bisa belajar di sekolah negeri.

Para calon peserta didik dan orangtua jangan khawatir dengan terbatasnya kuota SMP negeri. Mereka berkesempatan untuk belajar di SMP swasta, tapi bebas biaya masuk.

Ada sejumlah SMP swasta yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru. Mereka nantinya membuka PPDB tanpa menerapkan uang pangkal atau uang pembangunan.

Sekolah swasta itu, di antaranya SMP YLPI, SMP Tri Bhakti dan SMP Telkom. Ketika SMP ini bisa bekerjasama setelah dinilai memenuhi syarat.

"Ketiga sekolah ini juga sudah menandatangani MoU dengan dinas pendidikan," terang Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal.

Ketiga sekolah itu sudah sepakat menghapuskan syarat uang pembangunan. Syarat itu membuat ketiga sekolah swasta itu sama halnya dengan sekolah negeri.

Penerimaan peserta didik di tiga sekolah swasta itu bakal masuk dalam sistem PPDB. Apabila kuota sudah penuh nantinya para calon peserta didik diarahkan untuk mendaftar di tiga sekolah itu.

Jamal menilai program ini merupakan satu inovasi pada PPDB tingkat SMP Negeri tahun ini. Mereka berupaya untuk memberi alternatif sekolah bagi peserta didik yang tifak tertampung di SMP negeri.

"Walau tidak semua sekolah swasta, tapi tiga sekolah ini bisa jadi alternatif ketika kuota di SMP negeri penuh," ujarnya. (*)