Disdukcapil Pekanbaru Jemput Bola Perekaman KTP El Secara Maraton ke Sekolah

Penyerahan KTP El Pemula di SMA Negeri 7 Pekanbaru

Riaubisa.com, Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru melakukan layanan jemput bola perekaman KTP Elekronik bagi pemilih pemula di Kota Pekanbaru secara maraton.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita S.Sos M.Si, berdasarkan hasil rekapitulasi pemilih pemula yang terdapat pada DP4 yang berdomilisi di Kota Pekanbaru, masih ada yang belum melakukan rekam KTP-el.

"Pemilih pemula banyak belum melakukan perekaman KTP-el, maka Disdkucapil Pekanbaru memfasilitasi program jemput bola perekaman di sekolah masing masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Irma, Rabu (24/1/2024).

Layanan jemput bola perekaman berjalan dengan lancar dilayani oleh petugas perekaman dan petugas bagian pendaftaran, selanjutnya 2 minggu dari sekarang KTP-el yang sudah jadi akan di kirimkan ke sekolah untuk diserahkan kepada yang bersangkutan.

"Bagi yang ikut perekaman dan masih di usia 16 tahun sekian, KTP-el diantar di sekolah pada saat usia 17 tahun sebagai 'kado ulang tahun' dengan membawa bukti KK yang bersangkutan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Kabid Piak) Disdukcapil Pekanbaru, Fristy Muniarti menjelaskan, kegiatan pelayanan jemput bola untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) bagi pemula yaitu penduduk yang sudah berusia 17 tahun atau akan 17 tahun sebelum 14 Februari 2024.

"Untuk mengatasi ini Disdukcapil Kota Pekanbaru memfasilitasi pemilih pemula yang belum rekam KTP-El, dengan menyediakan jemput bola perekaman di sekolah, terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan partisipasi maksimal dari pemilih pemula yang ada di Kota Pekanbaru.

"KTP akan menjadi identitas resmi yang memungkinkan pemilih untuk memberikan suara dan turut serta dalam menentukan masa depan negara, menjadi bagian yang berpengaruh dalam menentukan arah dan kebijakan negara melalui hak suara mereka di pemilu 2024," ungkap Fristy.

Harapannya, melalui kegiatan ini seluruh masyarakat khususnya di Kota Pekanbaru dapat berpartisipasi penuh dalam kegiatan demokrasi, sehingga suara mereka dapat diwakili secara kuat dan adil dalam pemilu mendatang.

Perwakilan dari guru yang ada di SMA Negeri 5 Pekanbaru, Evi Yarti, mengucapkan terimakasih kepada Disdukcapil Pekanbaru yang telah memfasilitasi program jemput bola perekaman KTP-el bagi Pemilih pemula di Kota Pekanbaru.

"Layanan jemput bola perekaman KTP-el bagi pemilih pemula ini sangat bermanfaat, harapannya dari kegiatan ini nanti akan berdampak baik dan semakin banyak pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun 2024," ucapnya saat menerima KTP El secara simbolis.

Jumlah distribusi penerima KTP El pemula diberikan kepada siswa dan siswi tertuju di 10 sekolah dengan total sebanyak 199 keping.

Rincian sebagai berikut :

- SMK Hasanah Pekanbaru sebanyak 18 keping KTP El

- SMA Negeri 5 Pekanbaru sebanyak 26 keping KTP El

- SMA Negeri 7 Pekanbaru sebanyak 13 keping KTP El.

- MAN 1 Pekanbaru sebanyak 12 keping KTP El.

- SMA Negeri 4 Pekanbaru sebanyak 23 keping KTP El.

- SMA Negeri 2 Pekanbaru sebanyak 7 keping KTP El.

- SMK Negeri 4 Pekanbaru sebanyak 24 keping KTP El.

- SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru sebanyak 29 keping KTP El.

- MAN 3 Pekanbaru sebanyak 10 keping KTP El.

- SMK Kansai Pekanbaru sebanyak 12 keping KTP El.

- SMA IT Fadhilah Pekanbaru sebanyak 17 keping KTP El.

- SMK Negeri 6 Pekanbaru sebanyak 28 keping KTP El. (*)