Disdukcapil Jemput Bola Rekam KTP El Pemula Jelang Pemilu 2024

Penyerahan KTP El Pemula di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Riaubisa.com, Pekanbaru - Mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru gencar melakukan jemput bola rekam KTP El bagi pemula usia wajib KTP minimal usia 16 tahun keatas.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita S.Sos M.Si, Senin (15/1/2024). Ia mengatakan, untuk rekam KTP El bagi pemula, dapat melakukan perekaman KTP El di Sekolah Menengah Atas/Sederajat Negeri/Swasta maupun penyelenggaraan KTP El yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru.

Irma menyebut, bagi pemula pembuatan KTP El akan di bantu oleh petugas dari Disdukcapil Kota Pekanbaru dengan mendatangi langsung ke sekolah yang ada di Kota Pekanbaru.

"Pada tahun ini peran Disdukcapil Kota Pekanbaru memang sangat penting terutama dalam menertibkan dan meyakinkan masyarakat tentang pentingnya pembuatan KTP El sebagai salah satu syarat untuk melakukan pemungutan suara di TPS," ujar Irma.

Senada disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Kabid Piak) Disdukcapil Pekanbaru, Fristy Muniarti. Dia mengatakan, saat ini banyak penduduk pemula di Kota Pekanbaru yang wajib KTP usia di atas 17 tahun.

Kata dia, udah lumayan banyak yang melakukan rekam KTP El  orang di Kota Pekanbaru.

"Pada tahun 2024 kita targetkan penduduk wajib KTP sudah melakukan perekaman," jelasnya.

Pihaknya terus melakukan door to door atau jemput bola agar segera terselesaikan dan seluruh pemula memiliki KTP El walaupun dengan keterbatasan mereka.

"Ini merupakan wujud atau peran Disdukcapil Kota Pekanbaru dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024," ungkapnya.

Hingga saat ini pihaknya terus melakukan percepatan perekaman dan penerbitan KTP El warga yang berusia minimal 17 tahun melakukan pengurusan di wilayahnya.

Ia berharap, warga Pekanbaru tertib dokumen administrasi kependudukan. Sehingga, jika sewaktu-waktu dibutuhkan warga tidak perlu khawatir khususnya saat melakukan pemungutan suara pada Pemilu 2024.

"Sudah ada beberapa warga yang meminta pembuatan KTP El untuk kepentingan Pemilu 2024. Semoga semua warga ini bisa tertib administrasi kependudukan. Terutama bagi mereka yang berusia minimal 17 tahun keatas," urainya.

Jumlah distribusi penerima KTP El pemula diberikan kepada siswa dan siswi tertuju di 5 sekolah dengan total sebanyak 89 keping.

Rincian sebagai berikut :

- SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebanyak 13 keping KTP El

- SMK Masmur Pekanbaru sebanyak 7 keping KTP El

- SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru sebanyak 14 keping KTP El.

- SMA Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 37 keping KTP El.

- SMA Negeri 15 Pekanbaru sebanyak 18 keping KTP El. (*)