Disdukcapil Pekanbaru Lakukan Percepatan Perekaman KTP El Pemula

Penyerahan KTP El Pemula di MAN 2 Pekanbaru

Riaubisa.com, Pekanbaru - Dalam rangka percepatan pencapaian target cakupan perekaman KTP-el Pemula dan menghadapi Pemilu tahun 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdkucapil) Kota Pekanbaru melakukan kegiatan jemput bola perekaman KTP-el bagi siswa siswi tingkat SMA sederajat yang sudah berusia 16 tahun keatas.

"Upaya ini kita lakukan agar pada saat usia 17 tahun siswa tersebut sudah bisa dicetak KTP-el nya. Kegiatan ini sangat efektif untuk menjaring wajib KTP-el pemula," kata Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Irma Novrita S.Sos M.Si, Jumat (12/1/2024).

Irma menjelaskan, kegiatan ini sudah dilakukan oleh pihaknya sejak awal tahun 2022. Dimana tim Disdukcapil Kota Pekanbaru secara kontinyu melakukan perekaman ke sekolah-sekolah.

"Untuk siswa siswi yang sudah melakukan perekaman diusia 16 tahun, yang saat ini sudah berusia 17 tahun, maka KTP-el nya dicetak secara massal dan diserahkan ke sekolahnya masing masing," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Kabid Piak) Disdukcapil Pekanbaru, Fristy Muniarti, menjelaskan, para siswa yang telah melakukan perekaman KTP dan berusia lebih dari 17 tahun pada kegiatan jemput bola tersebut, nantinya fisik KTP-el diantar ke sekolah masing-masing sesuai dengan alamatnya. 
"Para siswa cukup antusias dalam kegiatan kegiatan jemput bola saat ini," tuturnya.

Jumlah distribusi penerima KTP El pemula diberikan kepada siswa dan siswi tertuju di 6 sekolah dengan total sebanyak 77 keping.

Rincian sebagai berikut : 

- MAN 2 Pekanbaru sebanyak 10 keping KTP El

- SMA 8 Pekanbaru sebanyak 8 keping KTP El

- SMA Santa Maria Pekanbaru sebanyak 11 keping KTP El.

- SMA Negeri 9 Pekanbaru sebanyak 25 keping KTP El.

- SMA Handayani sebanyak 4 keping KTP El

- SMA Negeri 1 Pekanbaru sebanyak 19 keping KTP El. (*)