Prakiraan Cuaca Wilayah Riau 13 Februari 2024

Riaubisa.com, Pekanbaru - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Selasa (13/2). Disampaikan, di mana sebagian wilayah Riau akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Gita Dewi mengatakan, bahwa prakiraan cuaca pagi hari dimulai dengan udara yang kabur namun berangsur cerah berawan.

"Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah Riau," katanya. 

Dijelaskan dia, potensi hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kampar. Lalu, di Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Malam hari diperkirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah yang sama seperti pagi dan siang hari. Kondisi serupa dini hari dengan udara yang kabur hingga berawan," ujar Gita. 

BMKG Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Prakiraan cuaca ini bisa terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu, terutama pada siang, sore, atau malam hari.

Gita menjelaskan, suhu udara berkisar antara 23.0 – 31.0 °C. Kelembapan udara diperkirakan mencapai 55 – 98%. Arah angin bertiup dari Utara hingga Timur Laut dengan kecepatan 10 – 36 km/jam.

Di perairan Provinsi Riau, tinggi gelombang diperkirakan berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah). Namun, perlu waspada terhadap potensi tinggi gelombang kategori tinggi (2.50 – 4.0 meter) di wilayah Perairan Bintan. Kemudian,  potensi tinggi gelombang kategori sedang (1.25 – 2.5 meter) di wilayah Perairan Lingga dan Perairan Utara Bangka. (*)