Gerakan Menanam Cabai di Pekanbaru Libatkan KWT Seluruh Kecamatan

Riaubisa.com, Pekanbaru - Gerakan Menanam Cabai di Kota Pekanbaru melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT). Satu KWT nantinya ditargetkan bisa menyediakan sepuluh ribu bibit untuk mendukung gerakan ini.

"Kita targetkan satu KWT ada sepuluh ribu bibit, kalau lebih dari itu tentu kita apresiasi," ulas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus.

Dirinya menyebut gerakan ini juga memberdayakan anggota KWT di seluruh kecamatan. Mereka bisa menyiapkan bibit cabai maupun tanaman lainnya yang bisa dikembangkan masyarakat.

"Kita akan beri media tanamannya, KWT ini membuat bibit tanaman dan disebarkan ke masyarakat. Kita akan lihat, berapa yang berkembang baik," ujarnya.

Pihaknya bakal mendata lebih lanjut sebaran bibit, jumlah produksi dan penambahan tanaman setiap tiga bulan. Saat ini ada 34 KWT di seluruh kecamatan yang ikut dalam gerakan tersebut. 

Firdaus menambahkan bahwa Gerakkan Menanam Cabai ini seiring program Pekanbaru Bertani. Pemerintah kota ingin memberdayakan seluruh anggota KWT di kecamatan.

"Ini disebut Pekanbaru Bertani, karena untuk memberdayakan anggota KWT menyediakan bibit untuk masyarakat," ujarnya.

Dirinya mengatakan bahwa gerakan ini tidak cuma fokus pada sektor pertanian saja. Namun rencananya sektor perikanan juga diberdayakan lewat program budi daya ikan.

"Kita kasi indukan yang bagus, agar ikan hasil budi dayanya lebih baik," paparnya. (*)