Polda Riau Modifikasi Kendaraan Dinas Jadi Motor Pemadam Karhutla

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono kunker ke Polda Riau, Kamis (20/5/2021)./mcr

Riaubisa.com, Pekanbaru - Persiapan menghadapi musim kemarau yang diperkirakan mulai pada Agustus 2021 mendatang, Polda Riau sudah memodifikasi kendaraan dinas menjadi motor pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Uji coba peralatan Karhutla terutama modifikasi motor dinas sebagai motor pemadam tersebut langsung disaksikan oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat pengecekan peralatan Karhutla di Mapolda Riau, Kamis (20/5/2021).

"Setelah kita cek banyak inovasi-inovasi yang dilakukan Provinsi Riau untuk mencegah karhutla," kata Wakapolri

Modifikasi tersebut dengan menambahkan mesin penyedot air dan alat penyedot ini dipasang pada bagian mesin sebelah kiri. Adapun kekuatan penyedotan tergantung pada putaran mesin karena semakin tinggi putarannya maka kekuatan semburan airnya pun semakin kuat.

Pada kendaraan pemadam karhutla yang modifikasi tersebut terdapat lubang input (penghisap) dan output (pendorong). Kemudian selang yang terpasang juga bisa dilepas untuk memudahkan anggota dalam memadamkan api.

Salah seorang anggota kepolisian yang tergabung dalam anggota pemadam kebakaran hutan dan lahan mengatakan bahwa inovasi ini sangat membantu sekali apalagi pada saat rawan terjadi karhutla didaerah yang tidak bisa dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

"Dengan motor ini kita lebih mudah dan cepat memadamkan titik api yang tidak terjangkau oleh mobil pemadam kebakaran atau tidak bersusah payah mengangkut mesin pemadam mini," kata salah seorang polisi saat memberi penjelasan terkait alat karhutla yang telah dipersiapkan Provinsi Riau.