Ketua PKK Desa Sungai Bawang Ajak Warga Tingkatkan Posyandu

Riaubisa.com, Teluk Kuantan - Ketua PKK Desa Sungai Bawang Kecamatan Singingi, Kuansing, Desy Guswita, mengajak masyarakat untuk meningkatkan dan mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Menurut dia, partisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengunjungi posyandu masih menjadi permasalahan serius di Desa Sungai Bawang.

"Posyandu ini adalah lembaga pelayanan kesehatan dasar yang berperan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, balita, lansia dan keluarga," ujar Desy, kepada riaubisa.com, Kamis (25/05/2023). 

Meningkatkan posyandu mestinya dilakukan sedini mungkin dengan cara melakukan partisipasi masyarakat. Caranya mengajak masyarakat untuk mengunjungi posyandu secara rutin.  

Dengan begitu pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak, saat ini dapat diberikan dengan cara edukasi. 

"Karena posyandu ini berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Saat ini, dirinya telah melakukan terobosan untuk mengatasi masalah lemahnya partisipasi masyarakat untuk mengunjungi Posyandu. Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu rumah tangga melalui berbagai kegiatan PKK. 

"Kegiatan PKK juga kita manfaatkan untuk mensosialisasikan posyandu, seperti saat pengajian, arisan PKK dan pertemuan kelompok ibu-ibu. Dan juga bekerjasama dengan pihak tenaga kesehatan setempat untuk memberikan informasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat," kata dia.

Selain itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara jemput bola, mendatangi langsung rumah-rumah warga.

"Melalui pendekatan personal ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami manfaat dan pentingnya pergi ke posyandu," ulasnya. 

Kedepan, dia berharap pemerintah memperhatikan kesejahteraan ibu-ibu kader posyandu. Ini dilakukan agar hasil yang diharapkan berjalan dengan maksimal. 

"Terkadang hal yang dianggap sepele justru berdampak besar untuk bangsa ini," kata dia. (*)

Tags :KuansingPKK