Paten! Replika Pacu Jalur Ditampilkan Dalam Peluncuran KEN di TMII Jakarta

Replika Pacu Jalur yang menjadi kebanggaan masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kunasing) ditampilkan di Balai Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Riaubisa.com, Jakarta - Replika Pacu Jalur yang menjadi kebanggaan masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kunasing) ditampilkan di Balai Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kuansing, Hevi Heri Antoni, dihubungi riaubisa.com, mengatakan, Replika Pacu Jalur itu, dimunculkan saat peluncuran ajang Karisma Even Nusantara (KEN) Tahun 2023 yang ditaja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Jakarta.

Acara tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Menparekraf, bapak Sandiaga Uno usai acara mengaku terkesan dan kagum dengan budaya pacu jalur Kuansing yang di pertontonkan saat peluncuran itu," kata Heri, Sabtu (28/1/2023).

Dalam pelaksanaan peluncuran itu, hadir secara langsung Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby.

Orang nomor satu di negeri jalur itu juga memboyong sejumlah pejabat teras di Pemkab Kuansing saat peluncuran KEN.

Sejumlah pejabat itu diantaranya Kepala OPD di Kuansing serta seluruh Camat di Kuansing. Turut hadir pula, ratusan masyarakat Riau serta masyarakat Kuansing yang berdomisili di Jabodetabek.

Pemkab Kuansing, dalam ajang itu diberi kesempatan oleh Menparekraf RI untuk menampilkan tarian pacu jalur.

Suhardiman dalam sambutannya di acara itu mengucapkan terimakasih atas undangan yang diberikan oleh Menparekraf, Sandiaga Uno, serta sudah memberikan kepercayaan pada Pemkab Kuansing untuk menampilkan Pacu Jalur di ajang KEN Tahun 2023.

"Mudah-mudahan dengan dukungan dari Menparekraf, Festival pacu jalur yang menjadi kebanggan masyarakat Kuansing bisa lebih baik lagi ke depannya," jelasnya.

Untuk diketahui, akan ada 19 ajang acara di kalender Pariwisata Kuansing. Ajang itu, akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. (*)