Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Canggihnya Aplikasi Aku-Sigap Buatan Anak Negeri Kuansing

Riaubisa.com, Teluk Kuantan - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) memberikan terobosan dalam bidang pelayanan kesehatan lewat inovasi terbaru.

Aplikasi ini bukan aplikasi biasa. Diskes Kuansing memberi nama aplikasi canggih tersebut, Kuansing Sehat Inovatif Siaga Pelayanan Prima (Aku-Sigap). Aplikasi ini merupakan buatan anak negeri Kuansing.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kuansing, dr. ukuf fahdiansyah, mengatakan, manfaat aplikasi Aku-Sigap ini memperpendek rentan waktu masyarakat mendapatkan pelayanan di bidang Kesehatan, serta informasi dunia kesehatan secara online.

"Aplikasi Aku-Sigap ini dapat di unduh di Playstore handphone berbasis android," kata ukuf, Kamis (6/10/2022).

IDI sebagai organisasi profesi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkab Kuansing dalam hal ini Dinkes Kuansing untuk meningkatkan akses pelayanan.

IDI mengingatkan agar aplikasi yang dibuat sebagai sebuah inovasi tetap mengacu kepada regulasi alur pelayanan yang sesuai dengan aturan.

"Permasalahan sistem pelayanan kita salah satu nya pembiayaan. Agar aplikasi ini berjalan secara kontinyu, sebaiknya diatur sistem pembiayaan yang berkaitan dengan jasa pelayanan dan operasional pelayanan," ujarnya.

Menurut dia, Aku-Sigap belum menyentuh ranah tersebut. Untuk itu, IDI mengusulkan ada regulasi yang mengatur agar bisa memanfaatkan dana BOK dan digesa briging agar segera terintegrasi dengan BPJS.

"Dengan begitu bisa memanfaatkan kapitasi atau klem dari pendanaan yang ditanggung BPJS," ungkapnya.

Kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Aplikasi ini juga menjawab perkembangan teknologi dan segala informasi kesehatan ada di genggaman masyarakat.

Aplikasi Aku-Sigap diluncurkan bersempena dengan hari jadi Kabupaten Kuansing yang Ke-23 Tahun.

Ide Aplikasi Aku-Sigap Kuansing dibuat guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan berobat secara terpadu di sistem Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) pada 25 Puskesmas se-Kuantan Singingi serta Rumah Sakit Umum Daerah Kuansing.

Warga Kuantan Hilir, Ramadhani Indah merupakan pengguna aplikasi Aku-Sigap. Dalam pengakuannya, dia sangat terbantu dengan terobosan dan inovasi layanan yang dibuat oleh Diskes Kuansing untuk pelayanan yang prima.

"Aku-Sigap ini bisa membantu kami dalam berkonsultasi penyakit. Kita berharap dengan adanya pelayanan dan terobosan ini, bisa dipertahankan kalau bisa ditingkatkan demi tercapainya dan terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat Kuansing," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kuansing berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat Kuansing. Komitmen itu sejalan dengan Visi Misi Bupati menuju Kuansing Bermarwah.

Aplikasi Aku-Sigap ini dibuat oleh anak jati diri Kuansing yang bekerja di Dinas Kominfo Kuansing. Saat ini Aplikasi Aku-Sigap Kuansing ini sudah di Download sebanyak 100 pengguna.

Sebelumnya, peluncuran Aplikasi Aku-Sigap ini, secara resmi diluncurkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, bersamaan dengan Penetapan dan Penerapan BLUD 25 UPTD Puskesmas se Kabupaten Kuansing, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Senin (3/10/2022) kemarin.

Suhardiman dalam sambutannya mengapresiasi Diskes Kuansing atas capaian serta ide-ide kreatif dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang pelayanan bidang kesehatan melalui aplikasi Aku-Sigap.

"Ini salah satu komitmen Pemerintah Daerah Kuansing dalam meningkatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat," kata Suhardiman.

Begitu juga dengan penetapan dan penerapan BLUD 25 Puskemas se Kabupaten Kuansing. Dia berharap agar puskesmas dapat melayani masyarakat demgan baik.

"Yang terpenting bagaimana dapat mengelola anggarannya dan dapat membelanjakan anggaran sendiri agar pelayanan kepada masyarakat jadi cepat," pintanya. (*)


Berita Terkait