Prakiraan Cuaca 25 September, Waspadai Hujan Disertai Petir di Riau Hari Ini

Riaubisa.com, Pekanbaru - Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Ahmad Agus menyampaikan, hujan disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di Provinsi Riau, Minggu (25/9/2022). 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari," kata Ahmad Agus. 

Dijelaskan dia, Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja  dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir. 

"Pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kota Dumai," jelasnya. 

Lebih lanjut, dijelaskan dia, prakiraan cuaca pada siang hari cerah berawan, tak ada potensi hujan. Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Riau. 

"Sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hilir, Siak, Pelalawan, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru," ucapnya. 

Dini hari, kata Ahmad Agus, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai. 

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir," sebutnya. 

Kondisi itu dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru terutama pada sore hingga malam hari. 

Ahmad Agus juga mengungkapkan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 98 %. 

"Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 10 - 36 Km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 - 1.25 meter," tandasnya. (*)