Bandara SSK II Pekanbaru Gelar Local Creative Festival

Suasana pameran produk khas Melayu di Selasar Bandara SSK II Pekanbaru. (Foto: Antara)

Riaubisa.com, Pekanbaru - PT Angkasa Pura  (AP) II pamerkan 3.800  produk Usaha Kecil Mikro (UMKM)  di seluruh cabang Indonesia, sekaligus ditujukan untuk memecahkan rekor MURI  jenis produk UMKM terbanyak yang dipamerkan oleh seluruh bandara PT Angkasa Pura II.

Kantor Cabang  Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pada Sabtu  resmi membuka kegiatan Local Creative Festival yang bertepatan dengan hari jadi ke-38 PT Angkasa Pura II di Area Selasar Lantai 1 Terminal Keberangkatan Bandara SSK II Pekanbaru.  

EGM Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan, menjelaskan tahun ini PT Angkasa Pura II menggelar pameran produk UMKM secara serentak di seluruh bandara yang dikelola termasuk di Bandara SSK II Pekanbaru.
 
Kegiatan Local Creative Festival yang dibuka langsung oleh EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Pekanbaru dihadiri oleh 22 UMKM.

"Kami mengucapkan apresiasi  setinggi-tingginya kepada Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Dinas Koperasi & UMKM yang telah memberikan dukungan penuh pada kegiatan ini, ini  merupakan upaya mendukung pengembangan UMKM lokal melalui  Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)," kata M. Hendra Irawan.

Irawan menambahkan,  dalam penyelenggaraannya yang akan berlangsung selama 5 hari pada 13-17 Agustus 2022, Bandara SSK II Pekanbaru sendiri menampilkan 225 produk unggulan seperti makanan dan kerajinan tangan khas Melayu Riau.

"Kegiatan Local Creative Festival ini juga akan dimeriahkan dengan dengan berbagai penampilan budaya dan seni seperti tarian, olahraga tradisional hingga penampilan musik yang didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau, sekolah dan sanggar yang ada di Kota Pekanbaru," tambah Irawan.

PT Angkasa Pura II terus berkomitmen untuk mendukung para pelaku UMKM yang merupakan salah satu program tanggung jawab sosialnya meliputi pelatihan, bantuan pinjaman modal usaha hingga promosi seperti yang dilakukan hari ini.

Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini S. Ag mengatakan bahwa Bandara sangat erat hubungannya dengan pariwisata dan juga UMKM, oleh sebab itu Sarbaini mengucapkan terima kasih kepada Bandara SSK II yang telah menyediakan tempat serta memfasilitasi pelaku UMKM untuk menggelar produknya dan berharap event seperti ini dapat berkelanjutan di adakan minimal 1 kali dalam setahun guna membangkitkan ekonomi nasional sesuai dengan program pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat juga memberikan apresiasi kepada UMKM yang ada pada kegiatan Local Creative Festival dan berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

"Secara khusus berharap agar PT Angkasa Pura II terus meningkatkan pelayanan karena bandara memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sektor pariwisata nasional," tutupnya. (*)