Kadispora Riau: E-Sport akan Menciptakan Peluang Lapangan Kerja Baru

Kepala Dispora Riau, H Boby Rachmat memberikan hadiah juara kepada pemenang Piala Gubernur E-Sport Riau Tahun 2022 di GOR Gelanggang Remaja, Jum'at malam (05/08).

Riaubisa.com, Pekanbaru - Saat ini E-Sport sudah menjadi salah satu cabang olahraga prestasi, bahkan di ajang PON XX Papua pun sudah dipertandingkan. SEA Games XXXI yang baru usai digelar di Vietnam, Timnas E-sport Indonesia meraih enam medali dengan rincian dua emas, tiga perak dan satu perunggu dari lima game yang dipertandingkan.

Dengan hal tersebut tentunya, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau akan terus memberi wadah yang tepat serta pembinaan yang terprogram untuk melatih kemampuan atlet E-Sport Riau.

Pada Kesempatannya, Kepala Dispora Riau, H Boby Rachmat, mengatakan bahwa cabang olaharaga E-Sport tersebut akan bisa membuka peluang baru dalam menciptakan lapangan pekerjaan. 

Hal tersebut disampaikannya saat sebelum memberikan hadiah juara kepada pemenang Piala Gubernur E-Sport Riau Tahun 2022 di GOR Gelanggang Remaja, Jum'at malam (05/08).

“ Tentunya ini akan menciptakan lapangan kerja baru yang sebelumnya dianggap kurang menjanjikan. Nanti dari sini, bisa saja menjadi seperti manajer tim dan juga para atlet profesional dengan kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kolaborasi instansi, pemerintahan, pihak swasta dan pengurus E-Sport Provinsi Riau dengan dilaksanakannya pembinaan dalam bentuk iven, ekstrakulikuler, akademi serta pelatihan E-Sport di Provinsi Riau ini akan menjadi salah satu wadah untuk para atlet.

“ Bila kita memandang dari sisi peluang industri game saat ini, menyimpan potensi yang sangat besar, terutama melakukan pembinaan para gamer dalam wadah yang positif, seperti kejuaraan atau pun kompetisi,” singkatnya.

Sebagai informasi, digelarnya kompetisi ini juga bersempena dalam menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Riau. Dispora Provinsi Riau menggandeng PengProv E-Sport Indonesia (ESI) Riau dalam mengadakan olahraga elektronik yang memperebutkan Piala Gubernur dimulai sejak tanggal 1 Agustus, selanjutnya pada 3-4 Agustus 2022 dilakukan pertandingan secara online.

Perlu diketahui, untuk Grand Final dan Final dilaksanakan secara langsung di Gelanggang Remaja pada 5 Agustus 2022. Saat pelaksanaan Grand Final, terdapat cabang E-Sport PUBG Mobile sebanyak 16 Tim, FreeFire 15 Tim, dan Mobile Legend 4 Tim.

Adapun tim yang menjuarai masing-masing cabang E-Sport yaitu, PUBG Mobile Juara 1 Team Voxa, Juara 2 Alince E-Sport, Juara 3 Team SG. Kemudian, FreeFire Juara 1 Hastag Five, Juara 2 OP Team, Juara 3 Perawang Juwara. Dan untuk Mobile Legend, Juara 1 Voxa Konoha, Juara 2 Tim Veteran, Juara 3 Kapek ID. (*)


Berita Terkait