Besok Diskes Riau Gelar Vaksinasi Massal di CFD

CFD Kota Pekanbaru (Riaubisa)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan membuka layanan vaksinasi massal mulai Minggu (24/7/2022) besok.

Lokasinya berada di area Car Free Day (CFD) Pekanbaru. Layanan vaksinasi massa diarea car free day ini akan berlangsung hingga 7 Agustus 2022. Pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 07.00 WIB pagi sampai pukul 11.00 WIB siang.

"Jadi layanan vaksinasi massal di area CFD Pekanbaru kita laksanakan menjelang kita buka Mal Vaksinasi," kata Kepala Diskes Provinsi Riau, Zainal Arifin, Sabtu (23/7/2022).

Layanan vaksinasi massal ini sengaja dibuka ditempat umum setelah adanya kebijakan pemerintah pusat mewajibkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional menggunakan pesawat harus dilengkapi vaksin Booster. 

"Setelah itu, kami akan membuka mall vaksinasi di Jalan Melur, yang kami rencanakan akan dibuka mulai tanggal 9 Agustus, " ujarnya. 

Zainal mengatakan, saat ini perjalanan domestik menggunakan pesawat sudah diwajibkan untuk vaksin Booster. Bagi yang belum Booster, maka hanya menyertakan tes Antigen dan Swab PCR. 

"Karena saat ini perjalanan menggunakan pesawat sudah diwajibkan vaksin Booster, maka kita akan melakukan vaksinasi massal setiap CFD di Pekanbaru. Ini kita lakukan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan vaksin Booster," sebutnya. 

Zainal menegaskan, upaya ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi. Khususnya vaksin booster.

Sebab saat ini pemerintah sudah menerapkan kebijakan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan masuk ke area publik. 

"Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini bisa meningkatkan capaian vaksinasi booster kita yang memang sampai saat ini masih rendah," katanya. (*)