Antisipasi Penumpukan Sampah Usai Idulfitri, DLHK Tinjau TPA Muara Fajar 2

Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi melakukan sidak ke TPA meninjau kesiapan TPA 2 dalam mengantisipasi membludaknya sampah.

Riaubisa.com, Pekanbaru - Momen Idulfitri dikhawatirkan terjadi penumpukan sampah di Kota Pekanbaru. Mengantisipasi itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) meninjau TPA Muara Fajar 2.

Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi melakukan sidak ke TPA meninjau kesiapan TPA 2 dalam mengantisipasi membludaknya sampah pada hari raya Idulfitri 1443 H tahun 2022. Saat sidak, Hendra menyampaikan kepada petugas agar memaksimalkan kinerja.

"Baik operator, mandor, dan tenaga penyapuan untuk memaksimalkan waktu dan tenaga agar sampah yang datang ke TPA jangan sampai menumpuk," kata Hendra, Senin (2/5/2022).

Hendra menyebut, DLHK juga sudah mempersiapkan posko penanganan sampah yang ditempatkan di kantor DLHK Kota Pekanbaru Jalan Parit Indah.

"Mengingat di saat Lebaran nanti tentu banyak sampah organik dan non organik yang dihasilkan," kata Hendra.

Jika tidak dilakukan antisipasi di TPA, lanjutnya, tentu sampah akan menumpuk di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan tidak terkendali selama Lebaran berlangsung.

Jika menoleh ke belakang, terhadap penumpukan sampah yang pernah terjadi di Kota Pekanbaru beberapa tahun lalu, kata dia, tentu langkah yang dilakukan ini sangat perlu. (*)