Bantuan STB Bagi Warga Miskin, Diskominfotiksan Pekanbaru Targetkan 5 Ribu KK

Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra

Riaubisa.com, Pekanbaru - Diskominfotiksan Kota Pekanbaru menargetkan penyaluran 5 ribuan bantuan Set Top Box (STB) kepada warga miskin di Kota Pekanbaru. Bantuan ini sesuai dengan jatah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk Kota Pekanbaru, dalam kebijakan penghapusan siaran analog secara menyeluruh pada November 2022 mendatang.

Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra mengatakan, tv analog tidak akan dapat lagi menerima siaran pada November karena operator sudah menggunakan siaran digital. Maka dari itu, STB ini merupakan alat untuk membantu menangkap sinyal digital ke tv analog.

"Bantuan ini adalah program pemerintah pusat, dimana tv analog akan dihapus pada November 2022 mendatang. Kemudian, pemerintah pusat memberikan bantuan STB kepada warga tidak mampu di seluruh Indonesia, dengan sasaran di Pekanbaru adalah 5 ribuan STB," ujarnya, Selasa (7/6/22).

Ia mengatakan, data warga miskin ini sedang didata oleh Dissos Pekanbaru. Dimana, warga miskin yang disasar adalah yang sudah memiliki tv analog di rumahnya agar STB tepat sasaran.

"Penerimanya tentu warga yang miskin dan punya tv analog. Jika dia tidak punya tv tidak diberi bantuan, jika dia sudah punya tv digital juga tidak diberi bantuan," terangnya.

Firmansyah mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dissos) untuk mendata warga miskin yang memenuhi syarat penerimaan STB tersebut. "Jadi dari belasan ribu penerima PKH, kita validasi lagi yang memenuhi syarat," pungkasnya. (*)


Berita Terkait