Basarnas Pekanbaru Latih Mapala UIN Suska Riau Materi ESAR

Pelatihan materi Explore Search And Rescue (ESAR). (Basarnas)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Basan Sar Nasional (Basarnas) Pekanbaru, memberikan pelatihan materi Explore Search And Rescue (ESAR), kepada Mapala UIN Suska Riau, Sabtu (28/5/2022). Pelatihan tersebut dilaksanakan di PKM UIN Suska Riau.

Pemateri dari Basarnas Pekanbaru, Lisa Dwi Maulida mengatakan, tujuan diberikan materi tersebut adalah agar diperoleh pengertian yang benar oleh setiap insan dan potensi SAR untuk memudahkan dalam setiap pelaksanaan SAR.

"Definisi ESAR adalah pencarian dan pertolongan yang meliputi usaha mencari, menyelamatkan, memberian pertolongan terhadap orang atau material yang dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam suatu musibah. Baik musibah pelayaran, penerbangan, serta musibah atau kecelakaan rekreatif atau bencana alam," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, sasaran utama ESAR adalah menyelamatkan jiwa manusia dan harta benda serta barang yang ditimpa musibah kecelakaan/ bencana sebanyak mungkin dengan cara yang effisien dan effektif.

"Kemudian memberi rasa aman. Rasa pasti dan rasa tidak was-was pada orang yang terkena musibah. Memenuhi dan melaksanakan kewajiban internasional dalam rangka kerja sama dan hubungan antar bangsa," sebutnya.

ESAR juga merupakan salah satu ilmu SAR yang dikembangkan untuk menangani situasi darurat pencarian pendaki atau korban yang tersesat, hilang, atau tertimpa musibah saat melakukan penjelajahan di alam bebas. ESAR sendiri memfokuskan pencarian menggunakan SRU Darat, jadi setiap personilnya wajib menguasai ilmu navigasi gunung.

"Pencarian orang tersesat atau hilang di gunung pun bukanlah hal yang mudah, bahkan ada beberapa metode yang mesti dilakukan supaya pencarian bisa dilakukan dengan lancar. Metode tersebut dimulai dari tahap persiapan untuk memperoleh informasi mengenai area pencarian sampai kepada tahapan evakuasi saat korban berhasil ditemukan," jelasnya. (*)