Wagubri Serahkan Buku "Kumpulan Kultum Sang Jenderal" Request 15 Ponpes di Riau

Wagubri Edy Nasution saat menyerahkan buku. (Humas Pemprov Riau/Riaubisa)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution serahkan buku "Kumpulan Kultum Sang Jenderal" yang sebelumnya di request 15 Pondok Pesantren (Ponpes) dari berbagai daerah di Riau.

Buku yang merupakan karya Wagubri tersebut, diterima lansung oleh pimpinan Ponpes, dalam kegiatan silaturahmi Wagubri bersama Pondok Pesantren. Kamis (27/4/22) di kediaman wagubri, Pekanbaru.

Usai penyerahan buku tersebut, Wagubri dalam sambutannya menceritakan bagaimana asal muasal ia sampai terinspirasi membuat buku tersebut yang saat ini Alhamdulillah bermanfaat bagi Ponpes sebagai bahan tambahan ilmu bagi para Santri/i pemula Dari berbagai Pompes di Riau.

Adapun kisahnya tersebut, berawal dari awal Wagubri ditugaskan sebagai prajurit TNI sekitar tahun 1984 lalu di Timur-timur. Dimana, saat itu Timur-timur masih bergejolak yang mengalami kekacauan dengan korban dimana-mana. Sehingga ia memohon kepada Allah SWT untuk bisa menjalankan tugas dengan baik dan diberikan petunjuk selama menjalankan tugas tersebut.

"Dalam bertugas itu saya masih menghadapi korban dimana-mana, saat itulah saya minta petunjuk kepada Allah SWT apa yang harus saya lalukan. Ternyata saya mendapat petunjuk melakuka bimbingam melalui keagamaan yang membuat saya terus memperdalam ilmu agama," ujar Wagubri.

Selama perjalanan karir di TNI, Wagubri terus memperdalam ilmu agama dan sampai ia mengisi kegiatan keagamaan  dalam berbagai kegiatan di lingkungan TNI. Dan isi buku yang di buat tersebut merupakan kultum yang selalu ia  sampaikan dalam kegiatan keagamaan sebelumnya. Dimana bahasanya singkat sesuai dalam alquran  yang gampang dipahami masyarakat.

"Saya juga sangat bersyukur buku ini sangat bermamfaat dan berguna bagi Ponpes kita di Riau dalam menambah pengetahuan para Santri/ti dalam menuntut ilmu agama," jelasnya.

Inspirasi membuat buka ini tambah Wagubri, juga sesuai dalam riwayat hadits  Rasulullah SAW yang menyampaikan jika seseorang meninggal dunia maka putuskan segala amalnya. Kecuali tiga, yaitu, Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermamfaat dan do'a anak yang soleh.

"Karena ini merupakan ilmu, maka alangkah baiknya saya bagi-bagikan yang Alhamdulilah, saat ini bermamfaat bagi para Santri/ti kita. Mudah-mudahan terus bermamfaat dan menjadi pedoman untuk rerus dikembangkan oleh Santri/ti kita kedepan," tutur Wagubri. 

Pimpinan Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Riau, KH Muhammad Mursyid menyampaikan, selain berterimakasih kepada Wagubri juga mengharapkan buku tersebut terus meningkatkan ilmu agama Santri/ti kedepan.

"Buku ini cukup bagus dan sangat bermamfaat untuk meningkatkan ilmu para Santri/ti kedepan. Isinya sangat padat, gampang diingat dan gampang dipahami oleh masyarakat. Maka itu kita minta kepada Wagubri," katanya.

Ia juga menyampaikan, jika sebenarnya wakil gubernur Riau ini bukan hanya sosok pimpinan masyarakat untuk daerah Provinsi Riau saja. Namun juga merupakan seorang buya, ustadz atau kiyai yang selalu meberikan kebaikan untuk masyarakat.

"Kita berharap bapak Wagubri selalu sehat dan diberikan umur panjang dan selalu sukses memimpin Riau lebih baik  untuk masyarakat kedepan. Terutama dalam memperjuangkan agama," tuturnya.

Sebagai informasi, adapun Pompes yang manerima buku "Kumpulan Kultum Sang Jenderal" karua Wagubri adalah :

1. Kh.Dr.H.Khairuddin Saleh,M.Pd.l- Pompes Hubbulwathan-Duri

2. Kyai Drs Jamaluddin- Pompes Asy Syuhada- Duri

3. Kyai Simri Isra, S.Ag-Darun Najah-Duri

4. Kyai Hariyono,M.Pd.l - Al Jauhar-Duri

5. Kyai Tengku Ade Alamsyah - Al Huda - Duri

6. Kyai Ikhsanuddin Nasution, S.Pdl - Sabilul Jannah-Duri

7. Kyai Rafles- imam Muslim-Duri

8. Kyai Muhammad Silmi-Muhammadiyah -Duri

9. Kyai Ahmad Zaini Al Hafidz-Al Uswah- Duri

10. Ustadzah Syafridah Harahap, S.Pd-Nurul Tauhid-Duri

11. Kyai Abdul Murad Al Hafidz-Tahfidz Belading-Duri

12. Kyai Gusthomi Ramadhan, M.Pd- I'tidalussunni

13. Kyai M. Arif Surham SE. Sy, Al Hafizh-Al hakim-Duri

14. Kyai Abdul Aziz Al-Hafidz -Al Hasani- Pinggir.                                   
15. Ustazd Agus Anwar Hasibuan, S. Pdi-Ponpes Tahariyah Al Musthafawiyah - Rumbai.                           

16 Kiyai Yanto Nurhamzah - Ponpes Darul Huda- Ukui.                 

17. H. Rasmin Damri Lubis, Lc - Ponpes Al Kahfi - Rokan Hulu.