Seekor Harimau Numpang Heli TNI AU Pulang ke Hutan Sumatera

Helikopter TNI AU membantu proses lepasliar harimau Sumatera di Sumbar / Foto : dok. Dispen AU

Riaubisa.com, Padang - Ciunang Nurantih menumpang helikopter milik TNI Angkatan Udara (AU) untuk pulang ke habitatnya di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Sumatera Barat (Sumbar). Harimau betina itu siap dilepas liar setelah dirawat di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR HSD) Sumbar.

"Penggunaan helikopter sangat membantu proses pelepasan," kata Direktur Yayasan Arsari Djoyohadikusumo (YAD), Cartrini Pratihari, dikutip detikcom dari situs TNI AU, Selasa (2/3/2021).

YAD adalah pihak yang menginisiasi pelepasliaran harimau. Menurut Cartrini, memindahkan Ciunang Nurantih dari pusat rehabilitasi ke TNKS dengan helikopter tak hanya mempersingkat waktu, tapi juga sebagai sarana observasi udara untuk memastikan lokasi pelepasan Ciunang Nurantih aman.

Helikopter TNU AU membantu proses lepas liar harimau Sumatera di Sumbar. Foto : Dispen AU

"Keberadaan helikopter tidak saja untuk mempersingkat translokasi perjalanan, tetapi juga sekaligus sebagai sarana observasi udara untuk meyakinkan bahwa lokasi pelepasan terjamin keamanannya, baik bagi satwa maupun masyarakat sekitar TNKS," ucap Cartrini.

Ciunang Nurantih menumpang helikopter jenis SA-332 Super Puma. Pelepasliaran dilakukan pada Minggu (28/2). Helikopter Super Puma tersebut terbang dari Skadron Udara (Skadud) 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor, khusus untuk mengantar Ciunang Nurantih.

Helikopter tersebut diterbangkan Letkol Pnb Akhmad Mauludin Mulyono ini. Ciunang Nurantih dilepas di pinggiran Danau Sakti TNKS. PR HSD memasang kalung GPS kepada harimau Sumatera itu sehingga keberadaannya tetap dapat dipantau petugas.