Galeri Dekranasda Kota Pekanbaru Jadi Tempat Promosi Produk Unggulan UMKM

Riaubisa.com, Pekanbaru - Kota Pekanbaru kini memiliki pusat UMKM yaitu Galeri Dekranasda Kota Pekanbaru, Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. Gedung yang juga menjadi Gedung Dekranasda Pekanbaru telah diresmikan penggunaannya, Minggu (19/5/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menandatangani prasasti gedung ini. Hal itu menandai pertemuan bangunan yang berfungsi sebagai gedung dan galeri Dekranasda Kota Pekanbaru.

Rombongan yang hadir mengawali kegiatan dengan jalan santai dari Taman Labuai Pekanbaru City Walk, Jalan Jendral Sudirman. Mereka mengakhiri jalan santai di bangunan yang kini berfungsi sebagai lokasi promosi produk dari pelaku UMKM.

Muflihun bersama para tamu undangan sempat meninjau produk-produk yang ada di Galery Dekranasda Kota Pekanbaru Jalan. Ada di antaranya Batik Pekanbaru, kaos kekinian hingga alat tenun. 

Ada juga aneka produk makanan khas yang diproduksi oleh pelaku UMKM di kota ini. Seluruh produk unggulan ini bisa dilihat langsung para wisatawan yang datang ke Kota Pekanbarum

"Gedung ini sebagai bentuk komitmen pemerintah kota untuk menyediakan wadah bagi pelaku UMKM memperlihatkan aneka produk unggulannya," terang Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Menurutnya, gedung yang menjadi lokasi pameran produk UMKM ini sudah digagas sejak tahun 2022 silam. Akhirnya gedung ini menjadi busa berfungsi sebagai wadah bagi pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM nantinya bakal mendapat pembinaan dari Pemerintah Kota Pekanbaru. Mereka bisa menawarkan aneka produk unggulan ke masyarakat lewat gedung ini.

"Kita berharap wisatawan yang datang ke Kota Pekanbaru, bisa berkunjung untuk membeli produk unggulan Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Bangunan tersebut dulunya merupakan rumah dinas Wakil Wali Kota Pekanbaru. Proses pengerjaannya pun memuaskan karena sudah memiliki fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan UMKM. 

"Gedung ini memang kita persiapkan, kita tata semenarik mungkin, agar masyarakat bisa datang membeli produk unggulan UMK," tutupnya. (*)