Polda Riau dan Polres Pekanbaru dapat Penghargaan Peringkat Terbaik dari Kompolnas

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi menerima penghargaan dari Kompolnas (Dok Polda Riau)

Riaubisa.com, Jakarta - Polda Riau dan Polresta Pekanbaru kompak dapat peringkat terbaik dari Kompolnas Award Tahun 2022 Keduanya dapat penghargaan atas inovasi dan pelayanan kepada masyarakat selama masa pandemi.

Penghargaan diterima langsung di Jakarta oleh Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi, Kamis (8/12/2022). Hadir dalam acara Kompolnas Award Tahun 2022 yakni Ketua Kompolnas Machfud MD yang juga Menko Polhukam, Wakapolri Komjen Gatot Edy.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto mengatakan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dalam penghargaan kali ini. Kriteria itu mulai dari inovasi, crime total and crime clearence, restorative justice, pencapaian vaksinasi hingga pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

"Untuk Polda Riau masuk 10 besar. Kalau Polresta Pekanbaru terbaik se Indonesia atas inovasi, pelayanan, restorativ justice, capaian vaksin dan pemulihan ekonomi di masa pandemi," kata Benny saat dimintai konfirmasi, Kamis (8/12/2022).

Berbagai inovasi yang dilakukan Polda dan Polresta Pekanbaru dinilai petut mendapat apresiasi. Terlebih komisioner Kompolnas sudah turun langsung ke wilayah kesatuan yang masuk 10 besar pelayanan terbaik di Korps Bhayangkara tersebut.

"Semua kami analisisa datanya, dikroscek datanya dan verifikasi ke Polri. Kemudian setelah mengerucut 10 besar baru kita ke daerah melihat langsung, kita lihat inovasi yang dibuat, Bhabinkamtibmas dan untuk Pekanbaru kita lihat sendiri anggota dapat memberdayakan masyarakat pada sektor ekonomi," kata Benny.

Khusus untuk Polda Riau tim Kompolnas melihat pelayanan dan fasilitas yang ada sangat layak. Termasuk transparansi saat menangani perkara yang masuk ke Polda Riau dan jajarannya.

"Pelayanan publiknya bagus, transparan, ramah, banyak inovasi dilakukan. Bahkan kami juga wawancarai masyarakat terkait pelayanan, semua fakta-fakta ini kami temukan. Ada Bhabinkamtimas juga bisa membantu masyarakat, diakui betul sama masyarakat dan mereka jaga keamanan," katanya.

"Untuk Polda Riau, itu kita lihat pelayanan, inovasi, transparansi penanganan perkara yang terbuka, ramah, rasa empati petugas juga itu kita lihat bagus. Kadang lemahnya beberapa institusi itu karena komunikasi, kita saja setiap tahun ada 3.000. Setelah kita kelompokan ternyata komunikasinya kurang," kata Benny.

Sementara Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengaku pelayanan dan komunikasi yang terbuka adalah program prioritasnya saat pertama kali menjabat. Bahkan Iqbal minta seluruh Polres dan jajaran bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Iqbal bersyukur kerja kerasnya bersama jajaran membuahkan hasil. Tentunya, hal itu sebagai cambuk untuk terus menberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat Bumi Lancang Kuning.

"Bersyukur, Alhamdulillah. Ini semua hasil kerja keras teman-teman PJU [Pejabat Utama], Kapolres dan semua anggota dari Polsek, Polres hingga Polda Riau," kata Irjen Iqbal. 

Disampaikan dia, bahwa award ini menjadi vitamin baginya dan semua jajaran Polda Riau agar lebih optimal memelihara kamtibmas, perlindungan, pengayoman, pelayanan tulus, dan ikhlas kepada masyarakat dalam melakukan Gakkum profesional dan berkeadilan.

"Saya selalu sampaikan diawal bahwa kita harus dekat ke masyarakat, harus kita jadi sahabat masyarakat dan juga buka seluas-luasnya komunikasi. Bahkan saya bilang jadi Polisi itu kalau dicintai masyarakat dan itu jadi program prioritas kita," kata mantan Kapolda NTB tersebut. (*)