Prihatin, Honor Panpel Publikasi Porprov Riau Kuansing Belum Dibayar

Ketua KONI Kuansing Andi Cahyadi. (Riaubisa/Roder)

Riaubisa.com, Teluk Kuantan - Hampir satu bulan Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau Kuantan Singingi (Kuansing) 2022 usai di gelar Kuansing selaku tuan rumah sukses melaksanakannya.

Namun dibalik suksesnya Kuansing selaku tuan rumah Porprov X Riau Kuansing 2022 tidak terlepas Peran Publikasi Wartawan yang tergabung dalam Panitia Pelaksana (Panpel) di seluruh Cabang Olahraga (Cabor) yang di pertandingkan.

Ketua Forum Pers Independen Indonesia Rusman, menyayangkan hingga sampai saat ini, honorer sebagian Wartawan yang tergabung dalam Panpel belum juga dibayarkan oleh pihak KONI Provinsi Riau kondisi itu membuat sejumlah wartawan mengeluh. 

"Kondisi itu sangat memprihatinkan wartawan yang tergabung dalam Panpel, padahal wartawan dari awal sudah bertungkus lumus demi suksesnya pergelaran Porprov X Riau Kuansing 2022," ujar Rusman yang juga wartawan Kuansing, kepada Riaubisa.com, Kamis (8/12/2022).

Rusman mengatakan, Wartawan ini bukan hanya Panpel saja tapi juga melakukan Peliputan saat jalannya pertandingan Cabor. Contohnya di Cabor sepakbola wartawan hujan-hujanan melakukan Peliputan jalannya pertandingan itu.

Namun buktinya hingga saat ini honorer sebagian wartawan yang tergabung sebagai Panpel belum juga di bayarkan oleh pihak KONI, padahal sebagian honorer Panpel di Cabor lain sudah di bayarkan.

"Dari awal pembukaan Porprov X Riau Kuansing 2022 ini tidak terlepas dari peran serta wartawan dalam mempublikasikan seluruh Cabor, namun rendahnya kepedulian terhadap wartawan, hingga sampai saat ini honorer sebagian Wartawan belum juga di bayarkan," jelasnya.

Dirinya menuturkan, Pelaksanaan Porprov X Riau Kuansing 2022 ini, sama-sama dimulai dan begitupun juga dengan penutupannya, anehnya kok bisa beda jadwal pembayaran honorer Panpel disini juga tergabung wartawan.

"Kalau memang ada kendala kenapa Cabor lain bisa di bayarkan honorer nya, ini yang membuat pertanyaan kita selaku Panpel dan juga wartawan," terangnya.

Sementara itu Ketua KONI Kuansing Andi Cahyadi, mengatakan untuk pembayaran honorarium Panpel itu kewenangan KONI Provinsi.

"Biasanya kalau SPJ nya lengkap langsung di bayarkan, mungkin ada SPJ di beberapa Cabor belum lengkap mungkin disitu kendalanya," kata dia.

Dirinya mengaku tidak mengakui besaran anggaran yang gelontarkan untuk honorer Panpel selama Porprov ini nanti saya tanya ke KONI Provinsi. Selain itu dirinya juga mengakui tidak mengetahui berapa orang total Panpel selama Porprov. (*)

Tags :Porprov Riau