Kisruh Cabor Badminton, 3 Atlet 'Impor' Bermain di Porprov Riau Perkuat Inhil

Atlet Badminton berlaga di Porprov X Riau

Riaubisa.com, Pekanbaru - Polemik-polemik pada iven pekan olahraga provinsi (Porprov) X Riau terus bergulir. Salah satunya, dari Kontingen Kota Pekanbaru yang mengaku kecewa karena atlet 'impor' Bekasi  bertanding di Porprov Riau. Lebih parahnya lagi, KONI Riau  melegalkan tiga pemain bulutangkis 'impor' Kota Bekasi.

Adapun ketiga atlet 'impor'dari Kota Bekasi tersebut yaitu ADJI SENDANG NUGROHO, SAKIRA SALSABILA dan Irham Maulana.

Hal ini disesalkan oleh salah seorang wali Atlet Badminton yang tidak mau disebutkan namanya mengaku sangat kecewa dengan tiga atlet impor perkuat inhil berasal dari kabupaten Bekasi Jawa Barat. 

Karena menurutnya hal itu tidak sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku pada pokok penyelenggaraan Porprov X 2022 di Kuansing. Seperti dibunyikan pada atlet dan official peserta porprov riau x tahun 2022 di kabupaten kuansing di sampaikan syarat kebasahan atlit dalam rangka porprov riau x nomor 3.a tentang mutasi atlet antar provinsi  yang berbunyi atlet yang bersangkutan minimal sudah 2 tahun berdomisili di daerah yang diikutinya, dengan dibuktikan KTP dan KK, daerah yang bersangkutan, bagi pelajar dibuktikan dengan kartu pelajar/akte kelahiran dan KK. Selanjutnya yang kedua jika atlet yang bersangkutan mutasi dari provinsi lain, harus dilengkapi surat keputusan mutasi (SKM) yang dikeluarkan oleh KONI Provinsi daerah asal atlit.

Selanjutnya pada nomor 3.b dibunyikan mutasi atlet antar kabupaten/kota bagi atlit asal dari kabupaten/kota se provinsi Riau yang akan ikut kabupaten/kota lain, harus disertai surat persetujuan Pengkab/ Pengkot Cabang Olahraga daerah asal dan diketahui oleh Pengprov Cabang Olahraga yang bersangkutan paling lambat 6 bulan sebelum pelaksanaan Porprov. Kemudian bagi pelajar dan mahasiswa yang belajar/kuliah di kota lain dapat menjadi atlit daerah asalnya dengan ketentuan: tidak/belum pernah mengikuti Kejurda/Seleksi ditempat mereka belajar. Kemudian bagi atlit Riau yang belajar di luar provinsi penetapannya ditentukan oleh Pengprov Cabang Olahraga yang bersangkutan.

Kejadian ini tak hanya terjadi di Bulutangkis saja, tapi di Catur, Kempo dan Silat. Saat ini Cabor badminton telah memasuki babak semifinal tanding di Porprov X Riau 2022. (*)

Tags :Porprov Riau

Berita Terkait