Pemkab Kuansing Serahkan Draft Ranperda APBD Murni 2023 ke DPRD

Riaubisa.com, Teluk Kuantan - Pemerintah Daerah (Pemda) Kuantan Singingi (Kuansing), menyerahkan Draft Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Murni Tahun Anggaran 2023, di Sekretariat DPRD Kuansing, Selasa (1/11/2022).

"Kemarin Pemda Kuansing sudah diserahkan draft nya," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kuansing, Andi Zulfitri, kepada riaubisa.com, Rabu (02/11/2022).

Andi menjelaskan, penyerahan draf Ranperda APBD Murni 2023, langsung diterima oleh Kepala Bagian Keuangan DPRD Kuansing diruangan kerjanya.

Lebih lanjut dijelaskan, APBD murni di Kuansing Tahun Anggaran 2023 ini di estimasikan sebesar Rp 1,225 Triliun. Secara umum, jika dibandingkan di tahun 2022 sebelumnya, anggaran ini mengalami penurunan.

Sebelumnya diberitakan Hingga saat ini, DPRD Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) belum menerima draft Ranperda APBD Kuansing Tahun anggaran 2023. Padahal, draft Kebijakan Umum Anggaran Priorita Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) telah diserahkan.

"Sampai hari ini, Ranperda APBD tahun 2023 belum dimasukkan. Ini sudah terlambat. Ini sudah 2 minggu sejak KUA-PPAS kami serahkan ke Pemkab," kata Ketua DPRD Kuansing, Dr Adam S.H M.H, kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

Adam menyayangkan lambannya Pemkab Kuansing dalam menyusun Ranperda APBD Kuansing 2023 ini. Dirinya perlu mengingatkan agar Pemkab Kuansing fokus dan serius dalam menyusun program prioritas untuk tahun 2023 mendatang sesuai visi misi pemerintah yang dituangkan dalam RPJMD 2021-2026.

Sebagai pimpinan legislatif, Adam tidak ingin lembaganya disalahkan akibat keterlambatan penyerahan Ranperda APBD 2023 oleh masyarakat. Apalagi APBD ini menyangkut hajat masyarakat Kuansing. Sehingga ini perlu pembahasan terbuka, detail dan serius.

"Jangan nanti dibilang lagi, dewan tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan RAPBD 2023. Ini buktinya, sudah 2 minggu lebih kita tunggu, namun belum masuk juga Ranperda APBD itu," tegas Adam. (*)


Berita Terkait