Pariwisata Bangkit, 2.467 Turis Melancong ke Riau di Bulan Agustus

Foto Ilustrasi/net

Riaubisa.com, Pekanbaru - Jumlah turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau pada bulan Agustus sebanyak 2.467 kunjungan.

"Jumlah kunjungan wisman ke Riau pada Agustus 2022 tercatat 2.467 kunjungan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Rabu (5/10/2022).

Ia menjelaskan, jika dilihat jumlah wisatawan mancanegara menurut pintu masuk, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 2.140 kunjungan atau 86,75 persen dari seluruh jumlah wisman, dan yang melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 210 kunjungan atau 8,51 persen.

Sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 117 kunjungan wisman atau 4,74 persen dari seluruh jumlah wisman.

"Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya terdapat 32 kunjungan lewat Bandara SSK II, maka selama Agustus 2022, ada kenaikan 265,63 persen kunjungan wisman," jelasnya.

Terpisah, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, bahwa kunjungan wisman dari negara tetangga itu, diharapkam mampu mendongkrak perekonomian daerah yang sempat terpuruk dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Semoga kunjungan wisman ke Riau bisa membantu menggerakkan pemulihan ekonomi. Kepada Kepala Dinas Pariwisata di Riau agar bisa membantu program pemulihan ekonomi, sehingga ekonomi segera bangkit setelah 2 tahun terdampak Covid-19," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, dengan semangat dan harapan yang sedemikian besar, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, membutuhkan dukungan dari semua pihak. 

"Kita telah berupaya, membangun jejaring, sekaligus menghadirkan iklim untuk sebanyak mungkin pihak dapat sama terlibat dan saling bersinergi," ujarnya. 

"Semoga, iklim kepariwisataan di Riau dalam bergerak lebih tangkas, membawa perubahan baru dalam waktu yang tak terlalu lama. Insyaallah," ucap Roni. 

Untuk diketahui, setelah hampir 2 tahun lebih penerbangan internasional di Bandara SSK II ditutup akibat pandemi COVID 19, akhirnya Pemerintah Riau mulai membuka kembali penerbangan internasional sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada tanggal 4 Agustus 2022. (*)