Plt Kadisdik Riau Ingatkan Peserta Seleksi PPPK Guru Wajib Lulus Pasing Grade

Riaubisa.com, Pekanbaru - Tahapan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk formasi guru di lingkungan Pemprov Riau resmi dibuka 5 Oktober 2022 besok. Tahun ini Pemprov Riau mendapatkan kuota PPPK guru sebanyak 7.297 formasi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Job Kurniawan mengingatkan kepada para guru yang akan mengikuti seleksi agar mempersiapkan dirinya dengan baik.

Sebab tidak ada jaminan semua peserta bisa lulus, meskipun nama mereka sudah masuk didalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

"Ini penting saya ingatkan, jadi guru yang namanya sudah masuk di Dapodik dan akan ikut seleksi PPPK harus belajar. Supaya bisa lulus passing grade, karena percuma kalau formasinya ada, tapi orangnya gak lulus passing grade, gak lulus juga akhirnya," kata Job, Selasa (4/10/2022). 

Ia menjelaskan, bahwa dalam passing grade akan menentukan, apakah guru tersebut layak dan memenuhi kualifikasi atau tidak. Sehingga tidak semua yang masuk dalam data Dapodik bisa lulus. 

"Namanya seleksi belum tentu semuanya lulus, ada passing gradenya. Walau pun sudah masuk Dapodik, kalau tak lulus passing grade sama aja gak lulus," ujarnya. 

Seperti diketahui, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membuka penerimaan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 7.688 orang. 

Dari 7.688 orang penerimaan tenaga PPPK tersebut terdiri dari PPPK guru yang sebanyak 7.297 orang, PPPK tenaga teknis sebanyak 223 orang, dan tenaga kesehatan 168 orang. 

Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, untuk proses seleksi, pihaknya telah menerima simulasi jadwal seleksi tenaga PPPK fungsional guru dimulai pada 5 Oktober 2022.  

Simulasi jadwal seleksi CASN PPPK tahun 2022 untuk jabatan fungsional guru tersebut diketahui setelah BKD Riau mengikuti rapat bersama Kementrian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Rapat tesebut juga dihadiri pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan juga Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Dari rapat tersebut, kami mendapatkan simulasi jadwal seleksi CASN 2022 untuk jabatan fungsional guru dimulai 5 Oktober 2022," kata Ikhwan.

Pada 5 Oktober tersebut, dijadwalkan adalah tahap pengumuman seleksi yang dilaksanakan selama 15 hari atau hingga 19 Oktober. Selanjutnya untuk pendaftaran seleksi juga sudah bisa dimulai pada 5 Oktober hingga 26 Oktober atau 22 hari.

"Untuk seleksi administrasi, juga sudah dimulai pada 5 Oktober hingga 1 November atau 28 hari. Pengumuman hasil seleksi administrasi mulai 2 November hingga 3 November atau hanya dua hari," paparnya.

Sementara itu, untuk jadwal masa sanggah yakni 4-6 November, jadwal jawaban sanggah 4-10 November, pengumuman masa sanggah 11 November, penarikan data final 12-13 November, penjadwalan seleksi 14-16 November.

"Untuk pelaksanaan seleksinya mulai 24 November hingga 23 Desember atau 30 hari," ujarnya. (*)