Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Diskes Kuansing Luncurkan Aplikasi Aku-Sigap

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, secara resmi meluncurkan Aplikasi Aku-Sigap, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Senin (03/10/2022). (Riaubisa/Roder)

Riaubisa.com, Teluk Kuantan - Guna meningkatkan pelayanam di bidang kesehatan, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kuantan Singingi  (Kuansing) meluncurkan Aplikasi Kuansing Sehat Inovatif Siaga Pelayanan Prima (Aku-Sigap).

Peluncuran Aplikasi Aku-Sigap ini, secara resmi diluncurkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, bersamaan dengan Penetapan dan Penerapan BLUD 25 UPTD Puskesmas se Kabupaten Kuansing, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Senin (03/10/2022).

Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby, dalam sambutannya mengapresiasi Diskes Kuansing atas capaian serta ide-ide kreatif dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang pelayanan bidang kesehatan melalui aplikasi Aku-Sigap.

"Ini salah satu komitmen Pemerintah Daerah Kuansing dalam meningkatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat," kata Suhardiman Amby.

Begitu juga dengan penetapan dan penerapan BLUD 25 Puskemas se Kabupaten Kuansing. Dia berharap agar puskesmas dapat melayani masyarakat demgan baik.

"Yang terpenting bagaimana dapat mengelola anggarannya dan dapat membelanjakan anggaran sendiri agar pelayanan kepada masyarakat jadi cepat," pintanya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Riau. Zainal Arifin, memberikan apresiasi kepada Pemkab Kuansing serta Diskes Kuansing atas pencapaian menerapkan BLUD 25 UPTD Puskesmas. 

"Banyak kemudahan yang dapat dilakukan dengan Puskemas BLUD, karena puskesmas mempunyai keluasaan dalam pengelolaan keuangan sehingga nantinya mau APBD ketok palu apa tidak, puskesmas sudah bisa memanfaatkan BLUD untuk kegiatan operasionalnya, membeli obat-obatan bahkan memperbaiki yang lain-lain bisa menggunakan anggaran BLUD," jelasnya.

Pihaknya juga mendukung program dan inovasi yang diterapkan. Apalagi dilengkapi dengan Aplikasi Aku-Sigap. Menurut dia, hal ini adalah salah satu capaian yang luar biasa dilakukan oleh Pemkab Kuansing melalui Diskes Kuansing. 

"Apalagi kita tahu, Kementerian RI telah menerbitkan Permenkes 24 tahun 2022, bahwa per 31 Desember tahun 2023 ini, seluruh Puskesmas di Indonesia harus menggunakan Aplikasi dan Kuansing pada hari ini sudah menggunakan Aplikasi Aku-Sigap," ungkapnya.

Plt. Kepala Diskes Kuansing, Jafrinaldi, dalam perencanaan awalnya hanya Kuansing pada 2018 hanya menargetkan BLUD 5 UPTD Puskesmas. 

"Alhamdulillah Kuansing saat ini sudah mem-BLUD sebanyak 25 UPTD Puskemas, Dengan mem-BLUD 25 UPTD Puskesmas akan lebih meningkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat efektif efisien dalam pengelolaan keuangan," harapnya.

Sekadar diketahui, Aplikasi Aku-Sigap dibuat oleh anak-anak negeri Kuansing yang bekerja di Dinas Kominfo Kuansing.

Aku-Sigap merupakan implementasi dari visi misi Bupati Kuansing yakni 'Kuansing Negeri Bermarwah' pada misi ke empat yaitu 'berwawasan'

Aplikasi Aku-Sigap, hadir guna memperpendek rentang pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kuansing serta minimalisir persoalan-persoalan terkait pelayanan kesehatan.

Meskipun hal ini bukan satu-satunya solusi tapi paling tidaknya persoalan-persoalan pelayanan sudah dapat diminimalisir.

"Aplikasi Aku-Sigap, kami akui belum sempurna tapi kami akan terus berkomitmen melakukan pengembangan dan perbaikan sesuai kebutuhan masyarakat dan peraturan berlaku dan kami juga dapat dukungan dari kawan IDI Kuansing," pungkasnya. (*)