Kunjungi Inhil, Gubri Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Korban Longsor

Gubri Syamsuar saat menyerahkan rumah layak huni.

Riaubisa.com, Inhil - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kunjungan kerja kali ini dalam rangka menghadiri beberapa agenda di kabupaten berjuluk Negeri Hamparan Kelapa Dunia itu. 

Hari ini, Selasa (6/9/2022) Gubri Syamsuar menyerahkan dan meresmikan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) kepada masyarakat korban longsor di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir.

Bantuan Rumah Layak Huni tersebut diserahkan Gubri secara simbolis kepada 5 orang perwakilan warga penerima bantuan Rumah Layak Huni. Adapun penerima bantuan tersebut yaitu Ahmad Sarbani, Abdullah, Idham, As'at dan Alimuddin. 

Gubri Syamsuar mengatakan bahwa Bantuan Rumah Layak Huni ini merupakan bantuan yang bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Rumah Layak Huni Provinsi Riau.

"Karena memang setiap ada kejadian ini, Bupati selalu menyampaikan kepada kami secara langsung dan sekaligus juga memohon bantuan." kata Gubri. 

"Sehingga kami tentunya baik dari Badan Penanggulangan Bencana maupun Dinas PU mempersiapkan anggaran untuk mengerjakan itu," ia menambahkan. 

Lebih lanjut, ia berharap agar bantuan Rumah Layak Huni ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Selain itu, Gubri juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membangun rumah di daerah-daerah rawan terjadi bencana terutama tepian sungai yang rawan terjadi longsor. 

"Dengan kondisi begini tentunya kita harus mencari solusi. Salah satu solusinya kita memang rumah harus jauh dari laut. Sebab bagaimanapun abrasi ini tidak bisa dihindari," himbaunya. 

Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang telah peduli kepada masyarakat Indragiri Hilir yang mengalami musibah bencana longsor.

"Ini khusus bantuan dari Bapak Gubernur, kepedulian yang tinggi Bapak Gubernur untuk masyarakat kita yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir," kata Bupati Wardan. 

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Riau tahun 2021 lalu telah membangun Rumah Layak Huni sebanyak 20 unit di Kabupaten Indragiri Hilir. 

"10 unit itu rumah di Kuala Enok, yang 10 lagi disini Tanjung Baru," paparnya. 

Selain menyerahkan bantuan RHL, Gubri bersama Bupati dan Forkopimda Indragiri Hilir juga melakukan penanaman pohon mangrove dan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Layah Huni tahap kedua yang berjumlah 21 unit untuk tahun 2022 di Kabupaten Indragiri Hilir. (*)