Napi Lapas Bangkinang Dilatih Bikin Bakso dan Martabak

Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau dilatih membuat bakso

Riaubisa.com, Kampar - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau, kini bisa mengkonsumsi bakso meski sedang terkekang jeruji besi.

Hal ini karena saat ini warga binaan di sana mampu berinovasi membuat bakso, bahkan abon hingga martabak.

Hasil kesepakatan beberapa produk tersebut diberikan Kresna "Kreasi Narapidana”.

Adapun produk yang diolah di antaranya bakso ikan, bakso ayam, abon ikan dan martabak manis.

Kemampuan mereka memproduksi sejumlah makanan tersebut, diawali adanya pelatihan.

Pelatihan itu tentang pengolahan hasil budidaya ikan dan ternak lainnya, menjadi produk yang siap dipasarkan.

Mereka juga terlebih dahulu mendapat pelatihan tataboga oleh stakeholder yang telah bekerja sama dengan Lapas Bangkinang. 

"Untuk hasil budidaya tersebut kemudian dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan baku pembuatan bakso dan abon," kata Kepala Lapas Bangkinang, Sutarno, Selasa (30/8/2022).

Sutarno mengatakan, dengan kegiatan yang dilakukan ini, diharapkan mampu memberi dampak bagi warga binaan untuk membentuk pribadi mandiri dan produktif setelah bebas.

"Pelatihan yang kami berikan selain membudidayakan, mereka juga dipersiapkan mampu mengolah hasil budidaya menjadi produk yang siap bersaing di pasaran,” jelas Sutarno.

Sutarno menjelaskan, modal yang digunakan untuk mengasah keterampilan para warga binaan berasal dari Koperasi Pegawai Lapas Bangkinang. 

Sedangkan hasilnya dipasarkan kepada warga binaan dan warga sekitar Lapas. 

"Untuk keuntungan produk makanan yang dijual disetorkan ke negara sebagai PNBP, dan sisanya masuk ke kas koperasi," kata Sutarno.

Sebelumnya, produk warga binaan ini sudah dicicipi Pj Bupati Kampar, Kamsol, saat melakukan kunjungan dalam penyerahan remisi Kemerdekaan. (*)