Pendidikan Kepramukaan Penting Bagi Pengembangan Diri Dalam Pengaruh Era Digital

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy saat memberikan sambutan dalam kegiatan kemah konservasi lingkungan daerah Riau.

Riaubisa.com, Bengkalis - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy mengatakan bahwasanya pendidikan kepraamukaan ini sangatlah penting bagi pengembangan diri dalam pengaruh era informasi digital yang saat ini banyak mempengaruhi gaya dan perilaku peserta didik.

Hal tersebut disampaikannya pada saat membuka secara resmi kegiatan kemah konservasi lingkungan daerah Riau di Bumi Perkemahan Pantai Tanjung Lapin, Rupat Utara, Bengkalis, Kamis (28/07/22).

"Apalagi dalam jiwa setiap anggota pramuka telah terpatri dan tertanam jiwa mencintai alam dan juga terdapat satuan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan seperti Pramuka Peduli dan Satuan Karya Kalpataru, sehingga saya yakin kegiatan ini benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," katanya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwasanya pramuka yang mempunyai kepanjangan dari Praja Muda Karana yaitu para pemuda yang suka berkarya. 

"Kegiatan pramuka banyak menanamkan nilai pendidikan moral, etika, dan pembentukan karakter adik-adik. Maka dari itu pemerintah tidak meragukan lagi dengan pendidikan yang ada di kepramukaan," ungkap Masrul Kasmy.

Sebagai informasi, pada saat ini pemerintah  juga telah mewajibkan para siswa yang berada di SMP maupun SMA untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka.

Selain itu, Masrul juga menyebutkan, ditengah pengaruh era informasi digital yang mempengaruhi gaya dan perilaku peserta didik, pendidikan kepramukaanpun dirasa sangatlah penting bagi pengembangan diri. 

"Karena pendidikan kepramukaan ini mampu membantu mereka yang sedang mengalami transisi untuk mencari jati diri disaat mereka belum mempunyai pendirian yang tetap," sebutnya.

Pihaknya juga menyatakan, saat ini banyak para siswa yang terbawa pengaruh buruk di lingkungan sekolah. Hal ini karena para siswa belum mempunyai kepribadian dan prinsip yang tetap.

"Oleh karena itu, pendidikan kepramukaan harus bisa menjadi solusi untuk pembentukan karakter siswa. Pendidikan pramuka tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif," imbuh Masrul Kasmy. (*)