Bupati Inhu Buka Workshop Penanganan Konflik Sosial

Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, saat membuka secara resmi workshop Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Inhu, Rabu (27/7/2022) pagi.

Riaubisa.com, Indragiri Hulu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar workshop Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Inhu, di ruang auditorium Yopi Arianto, lantai 4 Kantor Bupati Kabupaten Inhu, Rabu (27/7/2022) pagi.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi.

Dalam sambutannya, Rezita mengatakan, workshop ini digelar dalam rangka menjamin terciptanya kondisi sosial, hukum dan keamanan yang kondusif guna mendukung kelancaran pembangunan nasional dan daerah.

"Maka diperlukan langkah penanganan konflik sosial, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik dan kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai kewajiban memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat," ujar Rezita.

Rezita berharap, melalui workshop ini akan menghasilkan rekomendasi yang mampu menjawab berbagai permasalahan konflik sosial yang sedang atau yang akan dihadapi dimasa yang akan datang.

Selain itu, Rezita juga mengimbau kepada Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) agar mampu mengoptimalkan fungsi deteksi dini, sehingga permasalahan yang terjadi di wilayahnya dapat tertangani lebih cepat dan tepat melalui unsur yang terlibat.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Badan Kesbangpol Inhu, Bambang Indramawan, menjelaskan, maksud dari acara workshop ini adalah terlaksananya koordinasi dan persamaan persepsi diantara tingkat Forkopimda. Baik di tingkat Kabupaten maupun di Kecamatan.

"Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya konflik dilapangan dengan mengoptimalkan peran Forkopimda," jelasnya.

Jumlah peserta yang mengikuti workshop penanganan konflik sosial menurut Bambang yakni berjumlah 50 orang. Terdiri dari unsur Forkopimda dan Forkopimcam se-Kabupaten Inhu.

Bertindak sebagai narasumber dalam Workshop tersebut adalah Polres Inhu yakni Kabag ops. Dodi Zulkarnain serta dari Kejaksaan Negeri Inhu melalui Kasidatun, Maritus Hamdani.

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua DPRD Inhu, unsur Forkopimda Inhu, Camat, Kapolsek, Danramil serta undangan lainnya. (*)


Berita Terkait