Desa Usul Inhu Panen Perdana Ikan Nila Metode Keramba Apung

Pemerintah Desa (Pemdes) Usul Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau melakukan panen perdana ikan Nila dengan metode keramba apung

Riaubisa.com, Indragiri Hulu - Pemerintah Desa (Pemdes) Usul Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau melakukan panen perdana ikan Nila dengan metode keramba apung. Panen perdana ini merupakan program Ketahanan Pangan Desa Usul Tahun 2022.

"Panen perdana hari ini merupakan hasil kerjasama semua pihak," kata Kepala Desa Usul, Rasadi, kepada wartawan, Selasa (25/7/2022).

Panen perdana dihadiri langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Inhu, Camat Batang Gansal yang diwakili Kasi Pemerintahan Azasi Kudus, Babinkamtibmas dan Perwakilan Polsek Batang Gansal serta Danposramil Batang Gansal.

Rasadi menjelaskan Desa Usul memiliki wilayah yang strategis untuk membangun usaha perikanan karena komdisi air yang sangat bagus. Bahkan mempunyai potensi perikanan dengan menggunakan ex quari yang apabila dikelola dengan baik dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Hasil penen perdana saat ini sebanyak 50 kg dan disisakan sebagian untuk mengisi quari dan untuk pembibitan masyarakat nantinya," terangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua kelompok tani Keranau Indah, M Ridwan menyampaikan, pihaknya berterimakasih kepada kepala desa yang telah menerima masukan-masukan dari seluruh elemen masyarakat sehingga banyak potensi desa yang bisa digali berdasarkan musyawarah.

"Alhamdulillah saat ini hasilnya sudah mulai terlihat dan kami rasakan dampak baiknya," katanya.

Ridwan berharap, Kepala Desa Usul terus meningkatkan fungsinya sebagai pemerintah desa dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan ke depan program tersebut dapat dipertahankan dan dikembangkan.

"Saat ini keramba apung kami ada 7, keramba yang sudah ditabur benih pada 3 bulan yang lalu lebih kurang 15 ribu ekor bibit nila," ulasnya. (*)


Berita Terkait