Hampir 5 Jam Terbakar, Api Kilang Minyak Pertamina Balongan Masih Berkobar

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar hebat, Senin dini hari ini (29/3/2021) / foto : Liputan6.com

Riaubisa.com, Jakarta - Hampir 5 jam terbakar, Api yang membakar kilang minyak milik PT Pertamina di Balongan masih berkobar. Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayu, Suyanto mengatakan, hingga saat ini 10 mobil pemadam kebakaran masih terupaya memadamkan api yang membakar kilang minyak.

"Belum padam sepenuhnya, 70 persen sudah padam. Tinggal sedikit lagi," kata Suyanto di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Suyanto mengatakan, damkar Indramayu di bantu oleh pertamina, damkar Cirebon dan mobil pemadam milik PLTU di Sumur Adem dalam upaya memadamkan api.

Suyanto mengatakan, belum memastikan penyebab kebakaran kilang minyak tersebut. Sebab saat ini masih fokus untuk memadamkan api.

"Penyelidikan belum dimulai," kata dia.

6 Petugas Kilang Terluka

Hingga kini api masih berkobar dan berupaya untuk dipadamkan. Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayu, Suyanto mengatakan, akibat kebakaran ini 6 petugas Pertamina luka bakar.

"Meninggal nggak ada, terbakar 6 orang. Mereka petugas kilang, karena ada di lokasi," kata Suyanto di Jakarta, senin (29/3/21) dilansir liputan6

Suyanto belum bisa memastikan penyebab kebakaran kilang minyak tersebut. Namun saat meledak, cuaca sedang hujan disertai petir.

"Belum bisa dipastikan, karena masih pemadaman. Penyelikdikan belum dimulai," kata dia.