Tiba di Makkah JCH Kloter 9 Jalani Umrah Wajib

Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 9 asal Provinsi Riau. (Humas Pemprov Riau/Riaubisa)

Riaubisa.com, Pekanbaru - 449 orang rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 9 asal Provinsi Riau yang berangkat dari Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru pada tanggal 24 Juni kemarin telah tiba di Makkah.

Petugas Haji Daerah (PHD) Riau, Erisman Yahya menyampaikan bahwa JCH kloter 9 tersebut telah selamat sampai di Makkah sekitar pukul 17.35 waktu Makkah atau pukul 21.35 Waktu Indonesia Barat (WIB), Jumat (24/6/22) kemarin.

Untuk diketahui, jemaah kloter 9 tersebut merupakan rombongan haji yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu, Siak, Dumai, beberapa orang dari Pekanbaru dan Indragiri Hilir.

"Rombongan kloter 9 sebanyak 449 orang yang berangkat dari EHA Pekanbaru tanggal 24 Juni sudah selamat sampai di Makkah," ujarnya melalui pesan WhatsApp dari Makkah, Sabtu (25/6/22).

Erisman Yahya mengungkapkan, rombongan haji dari Bandar Udara Internasional King Abdulaziz (BUIKA) langsung dibawa menuju penginapan di daerah Syisyah Makkah.

Ia menerangkan, mayoritas jemaah calon haji asal Indonesia ditempatkan di wilayah Syisyah berjarak sekitar enam kilometer dari Ka'bah atau Masjidil Haram.

"Menjelang waktu Subuh, seluruh jemaah calon haji dari kloter 9 langsung melaksanakan umrah wajib," ujarnya.

Mengakhiri laporannya, PHD Riau ini menerangkan, sejauh ini jemaah calon haji asal Riau yang sudah sampai di Makkah atau Madinah berada dalam keadaan sehat.

"Kondisi cuaca juga dalam batasan normal atau 35 derajat celcius, setelah sebelumnya sempat mencapai sekitar 46 derajat celcius," tuturnya. (*)

Tags :HajiEHAJCH