Tutup POPDA XV Tahun 2022, Wagubri: Jangan Cepat Puas Diri

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H Edy Natar Nasution saat mengalungkan medali pada para juara POPDA ke XV Provinsi Riau Tahun 2022.

Riaubisa.com, Pekanbaru - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H Edy Natar Nasution mengingatkan para atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XV Provinsi Riau tahun 2022, khususnya bagi yang berprestasi agar  tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah di raih tapi hal ini jadikan sebagai momentum untuk menjadi atlet sejati dalam menuju tingkat yang lebih tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Wagubri Edy Natar Nasution saat menutup POPDA XV Provinsi Riau, Sabtu (25/06/2022) di Stadion Kaharudin Nasution, Rumbai, Pekanbaru. Dikatakanya, bagi para atlet yang meraih prestasi tidak sombong, tetap  santun, agar kelak menjadi atlet sejati yang akan mengharumkan nama baik daerah ditingkat nasional maupun internasional kebanggaan Provinsi Riau.

"Bagi anak-anak kami yang belum meraih prestasi jangan bersedih, tetap semangat dan berlatih agar menjadi atlet yang berprestasi kedepannya," kata Edy Nasution.

Edy Nasution juga mengapresiasi pelaksanaan POPDA XV Provinsi Riau tahun 2022 ini berjalan lancar dan sukses sesuai harapan. Diharapkan, iven ini melahirkan bibit baru atau generasi baru di bidang olahraga yang akan mengharumkan nama Riau kedepan.

Pelaksanaan POPDA ini merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah, sebagimana dalam undang-undang Nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, yang wajib memperhatikan tujuan keolahragaan dengan prinsip memasyarakatkan olahraga.

"Selain potensial meningkatkan kesehatan, olahraga juga momen memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan ketahanan nasional, harkat, martabat dan mewujudkan rasa saling menghormati keberagaman antar bangsa," jelas Edy Nasution.

Pada satuan pendidikan tambah Edy Nasution, diharapkan pelaksanaan POPDA ini mampu memantau, menggali, memandu dan membina potensi pelajar dalam paradigma olahraga.

"Terutama dalam mengejar prestasi tingkat nasional mapun tingkat  internasional. Sekali lagi kami ucapkan selamat, terus berjuang menuju prestasi yang lebih baik kedepannya," tutur Edy Nasution.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau, Boby Rachmad, bahwa iven ini merupakan iven pertama pasca Pandemi Covid-19 yang diharapkan menjadi tauladan bagi para atlit pelajar di Riau untuk terus mengejar prestasi.

"Diharapkan, iven ini mampu menjadi ajang dalam meningkatkan kemampuan pada Pra POPNAS kedepan. Selamat pada para juara tetap semangat menuju ke tingkat yang lebih tinggi," tutupnya.

Sedangkan terkait juara, Boby menyampaikan jika, Juara Umum POPDA XV Provinsi Riau Tahun 2022 ini berhasil diraih Kota Pekanbaru, dengan total 30 medali. Yaitu medali emas sebanyak 19, perak 7 dan perunggu 4. Juara umum ke dua diraih oleh Kabupaten Bengkalis dengan total medali 19 medali, yaitu, 2 emas, 4 Perak dan 13 perunggu 13. Sedangkan juara umum III berhasil diraih oleh kabupaten Siak, dengan perolehan medali sebanyak 18. Yaitu 3 emas, 6 perak dan 9 perunggu.

Untuk kabupaten kota lainya, Rokan Hilir berhasil meraih sebanyak 8 medali, yaitu, 4 emas, 1 perak da 3 perunggu. Dumai 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Kampar 2 emas, 4 perak dan 4 perunggu.

"Selanjutnya, Indragiri Hulu, 2 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Pelalawan, 1 emas, 1 perak dan 8 perunggu. Rohul 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Kuansing, 6 perak, 9 perunggu. Terakhir Inhil 1 perak 1 perunggu," tuturnya. (*)