Gubri Minta Kembalikan Fungsi Masjid Seperti Zaman Rasulullah

Gubernur Riau, H. Syamsuar. (Foto: Humas Pemprov Riau/Riaubisa)

Riaubisa.com, Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menginginkan masjid yang ada saat ini dikembalikan fungsinya seperti dimasa Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid dizaman Rasulullah dipakai untuk kegiatan sosial, kegiatan kemasyarakatan, pendidikan, dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. 

"Dizaman Rasulullah masjid sebagai tempat menyatukan visi dan misi. Kami berharap kembalikan fungsi masjid seperti zaman Rasulullah," kata Syamsuar usai menghadiri pelantikan pengurus PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Riau masa bakti 2021-2026 di Masjid An-Nur Provinsi Riau, Sabtu (25/6/22). 

Selain tempat beribadah, Syamsuar ingin masjid juga dijadikan sebagai tempat untuk menyatukan umat. Di zaman nabi, manusia dengan berbagai suku, ras dan golongan bisa disatukan dan bermusyawarah di dalam masjid. 

Syamsuar bersyukur Indonesia memiliki dewan masjid, sehingga masjid-masjid yang ada di tanah air bisa kembali berperan serta sebagaimana tugas dan fungsinya. 

Kepada pengurus Dewan Masjid Indonesia Provinsi Riau, Syamsuar berharap supaya bisa mengontrol, membimbing, dan bersinergi dengan masjid-masjid yang ada di Bumi Lancang Kuning. 

Ia berharap program-program dalam masjid bisa berjalan dan memberikan manfaat bagi umat, bahkan kegiatan pembinaan terhadap remaja masjidpun diharapkan terus berlanjut sehingga ekonomi masjid juga berjalan. 

"Bagi umat Islam masjid adalah tempat yang paling suci. Untuk itu mari kita kembalikan fungsinya sama seperti waktu dizaman nabi," ujar Syamsuar. (*)

Tags :Masjid

Berita Terkait