Dinas Kebudayaan Riau Taja Festival Makanan Tradisional Melayu Riau

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen/ Dok. Disbud Provinsi Riau

Riaubisa.com, Pekanbaru - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau melalui Bidang Pelestarian Adat Nilai Budaya akan melaksanakan Festival Makanan Tradisional Melayu Riau di lapangan Benteng Tujuh Lapis, Kecamatan Dalu Dalu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen, kepada riaubisa.com, Rabu (8/6/2022) menjelaskan, acara tersebut bakal digelar pada pada tanggal 15 Juni 2022 hingga 17 Juni 2022 pekan depan.

"Adapun tema dalam Festival Makanan Tradisional Melayu Riau ini adalah 'Memasak Menu Tradisi Untuk Sajian Negeri'," ujar Raja Yose.

Kegiatan ini kata dia, nantinya akan dibuka oleh langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar dan dihadiri pula oleh Bupati Rokan Hulu.

"Kegiatan Festival Makanan Melayu Riau ini juga akan diikuti oleh perwakilan dari Kabupaten dan kota yang ada di seluruh Provinsi Riau," jelasnya.

Didalam Festival nanti, kata dia, para peserta akan membuat makanan khas tradisi warga Rokan Hulu yakni 'Itak Gelamai' serta diikuti oleh peserta daerah lain dengan makanan khas tradisionalnya.

"Nantinya juga akan ada juga lokakarya," ungkapnya.

Adapun tujuan Festival Makanan Tradisi Melayu Riau khususnya 'Itak Gelamai', pihaknya akan mengusulkan untuk menjadikan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

"Makanya di acara nanti kita akan melaksanakan pendokumentasian proses pembuatan Itak Gelamai dari awal hingga akhir," ulasnya. (*)


Berita Terkait